TITIK AWAL: Sepilihan Esai Sastra & Filsafat - Naguib Mahfouz

Stok hampir habis! Tersisa <20
Dilihat
29
Transaksi Berhasil
0%(0 Produk)
Wishlist
1
Informasi Produk
  • Berat
    250 gram
  • Kondisi
    NEW
  • Pemesanan Min.
    1 Buah
  • Kategori
    1. Home
    2. Buku
    3. Religi dan Spiritual
    4. Filsafat
  • Etalase

Deskripsi Produk

TITIK AWAL: Sepilihan Esai Sastra & Filsafat
Penulis : Naguib Mahfouz
Penerbit : Circa
Cetakan 2019
166 hlm. 14 x 21 cm
Kondisi buku bagus ori bersegel

Harga : Rp. 59.500 (harga normal Rp. 70.000)

Sinopsis:
Mungkin tidak banyak pembaca yang tahu bahwa Mahfouz amat dalam pengetahuannya tentang filsafat Barat. Kebanyakan esai dalam kumpulan ini menunjukkannya. Ada banyak esai yang terlihat sebagai rangkuman-rangkuman yang luas tentang aliran-aliran filsafat layaknya sebuah ensiklopedi ringkas Socrates, Plato, Aristoteles, kaum Sofis, Stois, Epikurean, Neo-Platonis, semua ada di sana, begitu pula Descartes, Kant, David Hume, John Stuart Mill, Bergson, William James, Pavlov, dan banyak lagi yang lain. Bagi yang belum mendalami filsafat Barat, esai-esai Mahfouz dalam buku ini bisa dijadikan titik awal dan pengantar yang mengalir dan tenang.

Mahfouz juga menulis mengenai sastra di Mesir. Komenar-komentarnya seputar sastrawan Mesir patut disimak sebab mengungkap bagaimana struktur sastra Arab di sana dibangun. Ia juga menulis esai mengenai Umm Kulthum, biduanita yang kemasyhurannya sampai Indonesia, mengaitkannya dengan sejarah dan seni di negerinya. Esai penutup dalam kumpulan ini juga cukup mengejutkan sebab ia ternyata pernah menulis tanggapan dengan gaya surat terbuka kepada Sayyid Qutb, sang tokoh Ikhwanul Muslimin, tentang karyanya Tamsil Seni di dalam Al-Qur’an.

Dengan membaca esai-esai Mahfouz, kita jadi lebih mengerti bagaimana ideologi dan jalan hidupnya yang belum kita dapatkan saat membaca karya sastranya. Dalam esai semuanya terbuka, dalam karya sastra ada bagian tertentu yang tertutup demi kepatuhan pada bangunan estetika.
Lainnya di toko ini
Logo Lapak Boekoe Theotraphi
shop_badgeLapak Boekoe Theotraphi
locationKota Yogyakarta · 14 Okt 2019
badge
Dari Pencarianmu
Terakhir Diperbaharui: 13-09-2019, 15:29 WIB