Rp55.000

Syarah Aqidatul Awam Terjemah Jalaul Afham Abuya Sayyid Muhammad Alawi

1 barang berhasil terjual

Dijual oleh Buku Islam Nusantara

Informasi produk

Syarah Aqidatul Awam Terjemah Jalaul Afham Abuya Sayyid Muhammad Alawi

  • Berat
    345 Gram
  • Kondisi
    Baru
  • Asuransi
    Ya
  • Pemesanan Min
    1 Buah
  • Kategori
    1. Home
    2. Buku
    3. Religi & Spiritual
    4. Buku Agama Islam
  • Etalase

Deskripsi produk

Syarah Aqidatul Awam Terjemah Jalaul Afham Abuya Sayyid Muhammad Alawi

Penjelasan Nadham Aqidatul Awam - Terjemah Jalaul Afham - Syarah Aqidatul Awam
Kitab ‘Aqidatul ‘Awam memang tidak asing bagi kita. Terlebih bagi masyarakat desa dan masyarakat pesantren. Kitab ini merupakan pejalaran wajib yang harus ditempuh. Biasanya diajarkan pada jenjang ibtida’ (kelas permulaan setara dengan SD).

Kitab ini memang unik dan cocok untuk kalangan anak-anak. Sebab, kitab ini berisikan nadzam-nadzam yang enak untuk dilagukan. Sehingga mudah bagi anak untuk menghafalnya.

Namun, bukan berarti tidak cocok untuk kalangan dewasa. Kitab ini cocok untuk semua kalangan muslim yang masih awam tentang akidah. Selain karena praktis, juga karena menjelaskan tentang pokok-pokok akidah yang wajib diketahui oleh setiap muslim.

Maka tak heran, jika para ulama berlomba-lomba memberi syarah (penjelasan lebih luas) pada kitab mungil ini. Misalnya, Nûr adh-Dholâm, karyam Syaikh Nawawi al-Jawi, Nail al-Marâm Syarh ‘Aqîdah al-Awâm, dan Jala’ al-Afhâm.

Sebab Dikarangnya Kitab ‘Aqidatul ‘Awam

Di awal-awal kitab Jala’ al-‘Afham ini, disebutkan sebab dikarangnya kitab ‘Aqidatul ‘Awam. Cerita ini tersebar di kalangan ulama. Mereka mendengarnya langsung dari pengarang kitab ‘Aqidatul ‘Awam, yakni Syaikh Ahmad Marzuqi al-Maliki al-Makki.

Diceritakan, bahwa pengarang ‘Aqidatul ‘Awam ini bermimpi melihat baginda Rasulullah. Terlihat juga para sahabat berada di sekililing Rasulullah saw. Siapa sangka, Rasulullah berkata kepada Syaikh Ahmad Marzuqi:

“Bacalah nadham Tauhid yang mana siapa pun menghafalnya, maka akan masuk surga, akan meraih semua kebaikan, dan mengikuti al-Quran dan Sunnah.”

Pengarang kemudian bertanya, “Seperti apakah nadhamnya wahai Rasulullah?”

Mendengar pertanyaan itu, para sahabat yang ada di sekeliling Rasulullah ikut berbicara. Mereka berkata, “Dengarkanlah apa yang dikatakan oleh Rasulullah.”

Lainnya di toko ini

Lihat Semua
Biografi Imam Bukhari 2 Jilid
Rp 160.000
Kota Depok
Logo Buku Islam Nusantara
shop_badgeBuku Islam Nusantara
locationKota Depok • 5 jam yang lalu

Punya pertanyaan?

Tanya aja langsung tentang barang ini di Diskusi.

Pilihan lainnya untukmu

Lihat Semua

Jelajah Tokopedia