Tiwul Instan dan Gatot Kering

Produk Dari pdp-os-icon Power Merchant

Stok terbatas! Tersedia >50
Dilihat
13260
Transaksi Berhasil
100%(265 Produk)
Wishlist
217
Informasi Produk
  • Berat
    575 gram
  • Kondisi
    NEW
  • Pemesanan Min.
    1 Buah
  • Kategori
    1. Home
    2. Makanan & Minuman
    3. Makanan Ringan
    4. Keripik
  • Etalase
    Kuliner Jogja

Deskripsi Produk

Harga adalah untuk 1 paket terdiri dari 1 bungkus Gatot + 1 bungkus Tiwul, masing-masing dalam kemasan 500 gram. Tuliskan di Catatan Order bila ingin pilihan lain, misalnya Gatot semua atau Tiwul semua.

Tiwul (Thiwul) dan Gatot (Gathot) adalah makanan pokok pengganti nasi beras yang dibuat dari ketela pohon atau singkong. Penduduk Pegunungan Kidul (Pacitan, Wonogiri, Gunung Kidul) dikenal mengonsumsi jenis makanan ini sehari-hari.
Tiwul dibuat dari gaplek. Sebagai makanan pokok, kandungan kalorinya lebih rendah daripada beras namun cukup memenuhi sebagai bahan makanan pengganti beras. Tiwul dipercaya mencegah penyakit maag, perut keroncongan, dan lain sebagainya.

Nama gatot diambil dari singkatan Gagal Total karena sulitnya menghasilkan panen pada atau gagal panen.
Proses pembuatan gatot memakan waktu yang lumayan lama, dari proses fermentasi ketela dengan cara dijemur sampai muncul jamur hasil permentasi ini berupa gaplek.
Gatot memiliki kandungan gizi yang sangat banyak yang tidak kalah dengan makan pokok lainnya seperti beras, tiwel, dan nasi jagung, kandungan asam amino atau protein dalam gatot lebih besar dibanding dengan bahan pembuatanya (ubi kayu). Hal ini terjadi karena keberadaan jamur yang memproduksi rotein dari bahan pati ubi kayu sehinggah gatot merupakann suatu makan yang kaya akan gizi dan dapat di jadikan sebagai makan pokok penganti beras.

Tiwul dan Gatot pernah digunakan untuk makanan pokok sebagian penduduk Indonesia pada masa penjajahan Jepang
Produk terkait
Logo Jogja Gift Corner
shop_badgeJogja Gift Corner
locationKota Yogyakarta ยท 25 Agu 2019
badge
Terakhir Diperbaharui: 27-07-2019, 18:46 WIB