Kategori UtamaBukuNovel SastraPuisi
7.608 Produk
Untuk Matamu - Kharisma P. Lanang
Untuk Matamu - Kharisma P. LanangRp 85.000
Kota Bandung
(29)
AKU "Sjuman Djaya"
AKU "Sjuman Djaya"Rp 25.000
Kota Surakarta
(26)
Buku Latihan Tidur oleh Joko Pinurbo
Buku Latihan Tidur oleh Joko PinurboRp 50.400
Kota Tangerang
(15)
Cashback 5%
Buku "AKU" Sjuman Djaya
Buku "AKU" Sjuman DjayaRp 27.500
Kota Surakarta
(57)
Kumpulan Puisi: Melihat Api Bekerja
Kumpulan Puisi: Melihat Api BekerjaRp 47.000
Kota Tangerang
(49)
Off The Record by Ria SW
Off The Record by Ria SWRp 78.400
Kota Tangerang
(45)

Perkembangan Karya Puisi di Indonesia

Puisi adalah bahasa lain untuk mengungkapkan suatu hal lewat pemilihan diksi yang lebih puitis ataupun tipografi yang unik. Perkembangan puisi di Indonesia tidak hanya semata-mata mengisahkan tentang cerita atau sebuah peristiwa, namun puisi dapat juga diambil dari dialog-dialog pementasan ludruk, ketoprak, drama tradisional. Ciri khas puisi adalah menggunakan kata-kata yang indah dan biasanya mengandung petuah, nasihat, dan pesan bagi pembacanya. Dalam perkembangannya, puisi Indonesia memiliki berbagai macam model dan berkembang strukturnya, makna, dan tematiknya sesusai jaman. Sama seperti sastra Indonesia, awal kemunculan puisi diawali oleh angkatan Balai Pustaka di tahun 1920, lalu dilanjutkan oleh angkatan Pujangga Baru di tahun 1930, kemudian angkatan 1945 dengan penulis puisi legendaris Chairil Anwar yang kita kenal betul lewat puisi ‘Aku’. Hingga saat ini puisi masih menjadi aset sastra Indonesia yang digemari baik di kalangan muda ataupun dewasa.

Tokoh-Tokoh Puisi Indonesia yang Melegenda

Ada banyak tokoh penulis puisi di Indonesia yang sangat terkenal hingga saat ini. Chairil Anwar adalah legenda yang kita kenal dengan binatang jalangnya serta puisi puisi nya yang heroik dan seringkali berupa pemberontakan terhadap sistem. Kemudian adapula Sapardi Djoko Damono yang dikenal oleh berbagai kalangan karena keindahannya merangkai puisi bertajuk percintaan. Karya puisi nya yang sangat terkenal adalah Hujan Bulan Juni, yang membuat siapapun yang membaca puisi tersebut akan meleleh akan keindahan liriknya. Kemudian sastrawan yang keluar dari pakem puisi pada umumnya adalah Sutardji Calzoum Bachri. Ia memilih bahasa yang figuratif dan tidak biasa pada puisi nya untuk menyampaikan makna kiasan. Tokoh puisi Indonesia yang tak kalah legendarisnya adalah Widji Thukul. Ia adalah penyair yang karya-karyanya seringkali berisi perlawanan terhadap rezim Orde Baru.  Puisi nya menyuarakan semangat kaum tertindas, walaupun sayang sekali saat ini Widji Thukul menghilang di usia 34 tahun.

Bagaimana Perkembangan Budaya Indonesia Berpengaruh pada Puisi

Tentu saja jika membicarakan puisi tidak akan luput dari pengaruh budaya serta kultur sekitarnya. Bahasa berperan penting dalam sastra Indonesia karena banyak hal dapat tertuang kedalam sebuah karya melalui bahasa, seperti puisi, novel, romansa, dan drama. Contohnya di Indonesia, ada beberapa jenis angkatan sastra yang kita kenal seperti angkatan Balai Pustaka, Pujangga Baru, Angkatan 45, 66, hingga Angkatan Literatur Modern. Dalam setiap perkembangan zaman tersebut tentunya terdapat latar belakang budaya dan kultur Indonesia yang berbeda pula sesuaid dengan zamannya. Pada angkatan Balai Pusataka, banyak karya puisi yang mengangkat probelm kultural Indonesia yang berbenturan dengan budaya Barat. Hal ini terjadi karena pada era tersebut, sastrawan Indonesia masih berada dalam masa penjajahan. Kemudian pada era 66 atau orde lama, banyak muncul karya puisi yang berisi protes isu sosial dan kemarahan terhadap pemerintah yang terjadi.

Menjadi Penulis Puisi Dimulai dari Tokopedia

Bukan khayalan lagi menjadi seorang sastrawan yang jago menulis puisi layaknya Sapardi Djoko Damono atau WS Rendra. Cara termudah adalah dengan membeli berbagai macam jenis buku puisi sebagai referensi menulis puisi. Berbagai koleksi buku puisi lokal maupun internasional lengkap tersedia di Tokopedia. Ada ribuan toko online terpercaya yang menjual buku puisi sesuai dengan jenis dan pengarang favorit kamu. Tertarik menjadi seller di Tokopedia? Daftar sekarang juga, gratis dan tanpa dipungut biaya apapun termasuk biaya komisi, sehingga bisnis jualan buku puisi lebih lancar. Jual buku kumpulan puisi di Tokopedia bisa secara grosir dan eceran, lebih aman dan terpercaya karena Tokopedia memiliki rekening bersama yang menjadikan pembeli tidak akan ragu berbelanja di toko anda. Transaksi jual beli buku kumpulan puisi di Tokopedia sangat mudah dengan beragam jenis pilihan pembayaran mulai dari tunai, ATM, mobile banking, kartu kredit, hingga cicilan 0% sampai dengan dua belas bulan.