Cetakan Es, Puding, Coklat
Kategori UtamaDapurPeralatan DapurCetakan Es Puding Coklat
40.888 Produk
Timbangan Kue / Timbangan Dapur - Timbangan Digital
Timbangan Kue / Timbangan Dapur - Timbangan DigitalRp 39.999
Jakarta
(2019)

Tips Merawat Cetakan Es, Pudding & Coklat

Hampir sebagain besar cetakan es, pudding & coklat terbuat dari bahan plastik, dan ada juga yang terbuat dari bahan aluminium. Ada berbagai ukuran, yang kecil panjang hingga lebar besar. Jika membeli cetakan es, pudding & coklat yang terbuat dari plastik, pilihlah yang terbuat dari plastik yang aman untuk makanan. Cuci bersih cetakan es, pudding & coklat sebelum dipakai. Setelah dipakai untuk mencetak es, pudding & coklat, cuci bersih cetakan, terutama pada bagian yang berupa cerukan di bagian atas. Satukan kembali tangkai dan cetakannya agar tidak bercecer dan hilang. Bungkus cetakan es, pudding & coklat dengan plastik dan simpanlah di tempat yang kering. Hal ini sangat berpengaruh dalam kehigienisan cetakan es, pudding & coklat tersebut. Untuk cetakan es, pudding & coklat yang terlalu banyak lekukan, seperti motif bunga ataupun hewan, pastikan tidak ada noda yang menempel pada beberapa lekukan tersebut.

Cara Membersihkan Cetakan Es, Pudding & Coklat Berbahan Silikon

Dewasa ini, silikon menjadi bahan yang sangat populer untuk aneka cetakan es, pudding & coklat, serta beberapa alat untuk memasak kue lainnya. Selain mudah digunakan, cetakan es, pudding & coklat berbahan silikon sangat mudah untuk dibersihkan. Agar awet, cetakan es, pudding & coklat ini memerlukan pembersihan dengan cara yang tepat. Bahan silikon yang cenderung lebih lentur memiliki kelebihan yaitu anti lengket. Tak hanya itu, bahan ini juga terbukti tahan panas dan tahan suhu dingin. Berikut adalah cara mudah membersihkan cetakan es, pudding & coklat. Pertama-tama untuk menghilangkan sisa lemak dan minyak pada cetakan es, pudding & coklat, cara yang paling mudah adalah menggunakan air hangat. Rendam cetakan es, pudding & coklat dalam air hangat beberapa saat, lalu cuci dengan sabun pencuci piring lalu bilas dengan air hangat. Agar cetakan es, pudding & coklat ini tidak berlumuran minyak atau lemak, sebaiknya jangan mengoles permukaan cetakan dengan minyak atau mentega. 

Tips Memilih Cetakan Es, Pudding & Coklat

Ada banyak sekali pilihan cetakan es, pudding & coklat yang beredar di pasaran. Mulai dari yang berbahan dasar plastik hingga bahan stainless steel. Lalu motifnya pun sangat beragam, mulai dari motif yang polos, hingga cetakan es, pudding & coklat dengan pilihan warna yang menarik. Sekarang tinggal pintar-pintarnya anda memilih seperti apa cetakan es, pudding & coklat yang diperlukan. Mungkin untuk anda yang menyukai film kartun, tersedia cetakan es, pudding & coklat yang berbentuk karakter kartun favorit anda. Atau untuk anda yang penggemar tumbuh-tumbuhan, tersedia juga cetakan es, pudding & coklat yang bermotif bunga, daun, bahkan pohon. Anda yang suka bentuk-bentuk simple, anda bisa membeli cetakan es, pudding & coklat yang berbentuk kotak, lingkaran, segitiga atau bulat, dengan beberapa varian warna yang akan menghiasi dapur anda. Carilah juga cetakan es, pudding & coklat sesuai dengan resep yang hendak anda kreasikan.

Cetakan Es, Pudding & Coklat Bahan Plastik dan Cara Merawatnya

Untuk menghilangkan sisa lemak dan minyak yang sering menempel pada cetakan es, pudding & coklat berbahan dasar plastik, cara yang paling mudah adalah menggunakan air hangat. Rendam cetakan dalam air hangat selama beberapa saat. Kemudian, cuci cetakan dengan air yang sudah diberi sabun cair sambil gosok-gosok dengan busa halus hingga bersih. Ada kalanya di lekukan atau celah cetakan es, pudding & coklat terdapat remah adonan yang sulit diangkat atau bekas adonan gosong yang lengket. Cobalah gosok dengan sedikit soda kue. Jika masih sulit, larutkan soda kue dengan sedikit air lalu oleskan pada kotoran yang lengket. Diamkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih. Karena cetakan es, pudding & coklat plastik terkadang  dilapisi bahan anti lengket, gunakan spons yang halus agar tak merusaknya. Jika memakai sikat besi maka permukaan anti lengket akan tergores dan rusak, sehingga berakibat kue akan selalu lengket pada cetakan es, pudding & coklat tersebut.