Produk
Katalog
Kategori UtamaFashion Anak BayiPakaian Adat Anak

Pakaian Adat Nasional Anak

21.6rb+ Produk
Baju Adat Jawa SURJAN LURIK ANAK SET BLANKON BAJU Adat Jawa - Size XL
Ad
Baju Adat Jawa SURJAN LURIK ANAK SET BLANKON BAJU Adat Jawa - Size XL
Rp78.000
Kinantikomik
starstarstarstarstar (15)

Pencarian Terkait

Daftar Harga Pakaian Adat Nasional Anak Terbaru Juli 2020

Harga blankon anak // blangkon anak jawaRp30.000
Harga Pakaian adat betawi anak Pr - Baju none jakartaRp100.000
Harga Baju adat bali anak perempuan + mahkota + rambut cemaraRp139.000
Harga Baju adat anak baju padang Lk/Pr uk L/XLRp120.000
Harga kebaya anak encim umur 11sampai 12 thnRp75.000
Harga Baju adat betawi//stelan//kebaya anak none betawi size S&MRp110.000
Harga Baju Adat Jawa SURJAN LURIK ANAK SET BLANKON BAJU Adat Jawa - Size MRp72.000
Harga Baju adat padang anak laki2 / perempuan size SRp100.000
Harga PAKET LENGKAP Baju Anak Anak Baju Pangsi Adat Betawi Baju Pitung SilatRp199.999
Harga Baju adat betawi anak Pr - Pakaian none jakartaRp110.000
Data diperbaharui pada 16/07/2020

Jual Pakaian Adat Anak Online di Tokopedia

Indonesia merupakan Negara yang luas, dengan ribuan pulau yang berada di dalam kesatuan negara Indonesia ini. Saat ini, terdapat 34 Provinsi di seluruh Negara Indonesia mulai dari ujung pulau Sumatra hingga Papua. Karenanya, Indonesia memiliki banyak sekali budaya dari masing-masing daerah mulai dari kuliner, bahasa dan juga pakaian adat. Pakaian adat ini merupakan identitas dari masing-masing daerah sehingga memiliki sangat unik dan berbeda antara daerah satu dan lainnya. Hal ini dapat dilihat dari bentuk, jenis bahan, dan motif dari pakaian daerah yang punya makna masing-masing yang penuh dengan nilai sejarah. Pakaian adat tersedia untuk orang dewasa dan juga anak-anak. Pakaian adat baik untuk orang dewasa atau anak biasanya terdiri dari beberapa bagian yang terdiri dari bagian atasan, bagian bawahan dan aksesoris adat anak. Aksesoris yang digunakan dalam pakaian ini juga memiliki macam variasi berbeda, tergantung dari daerahnya. Ada yang berbentuk aksesoris kepala, kain khas daerah, kalung dan lain-lain. Pakaian adat anak juga sudah mudah ditemukan baik secara offline di toko-toko maupun secara online. Buat kamu yang sedang mencari secara online, kamu bisa menemukan aneka pakaian adat anak terlengkap seluruh daerah di Indonesia di Tokopedia, dengan harga terjangkau. Yuk cek dan pilih pakaian adat anak pilihanmu!

Kapan Pakaian Adat Nasional Anak Bisa Digunakan?

Pakaian adat nasional nasional anak bukanlah pakaian yang bisa digunakan setiap saat. Bukan hanya karena pemakaiannya yang cukup rumit, namun karena pakaian ini memang diperuntukkan dalam acara-acara khusus. Jadi, kapan waktu yang tepat untuk menggunakan pakaian ini? Jawabannya adalah ketika melakukan upacara adat. Ketika melakukan upacara adat, diperlukan pakaian adat ini agar lebih kental unsur budayanya dan sesuai dengan adat yang berlaku dari daerah tersebut. Pakaian adat ini juga bisa digunakan ketika acara yang sakral seperti pernikahan. Kita semua mengetahui, bahwa pernikahan di Indonesia kebanyakan menggunakan adat sebagai tema pernikahannya entah adat dari mempelai pria maupun mempelai wanita. Pakaian adat ini bisa digunakan bagi para mempelai, keluarga, panitia acara maupun tamu acara pernikahan tersebut. Khusus untuk anak, pakaian adat Nasional biasanya digunakan untuk memperingati Hari Kartini yang bertepatan pada 21 April setiap tahunnya. Biasanya, sekolah-sekolah memberlakukan hari tersebut sebagai hari khusus untuk menggunakan pakaian adat nasional dan melakukan kegiatan bersama teman-teman sekolah untuk memperingati hari Kartini.

Memilih Pakaian Adat Nasional Anak yang Cocok

Pakaian adat nasional memiliki keunikannya masing-masing, ada yang memiliki kelengkapan yang sederhana dan ada juga yang memiliki kelengkapan yang rumit. Kelengkapan ini disesuaikan dengan sejarah dan nilai budaya dari masing-masing daerah dimana pakaian adat tersebut berasal. Kelengkapan yang banyak tidak berarti lebih susah ketika mengenakan pakaian adat ini. Sebagai contoh pakaian adat padang anak, pakaian adat anak ini memiliki kelengkapan mulai dari pakaian atasan, bawahan dan aksesoris kepala yang berbeda untuk anak laki-laki dan perempuan dan juga aksesoris pakaian adat seperti kalung. Meski kelengkapannya banyak, baju adat ini mudah digunakan karena berbentuk setelan pakaian biasa saja. Lain halnya dengan pakaian adat bali anak, secara umum baju adat ini memiliki kelengkapan yang serupa dengan baju adat padang. Bedanya, adalah baju adat ini dipakai dengan cara melilitkan sepotong kain pada tubuh anak sehingga perlu proses yang lebih panjang. Rumit atau tidaknya, semuanya kembali lagi ke kebutuhan dan keinginan anak. Apakah membutuhkan baju adat untuk menghadiri acara adat atau pernikahan yang mengharuskan menggunakan baju adat tertentu, atau untuk keperluan perayaan Hari Kartini yang bisa disesuaikan dengan keinginan mereka. Pastinya, jika kamu mencari baju adat terlengkap secara online kamu bisa temukan semua di Tokopedia. Mulai dari pakaian adat nasional seperti pakaian adat anak betawi, pakaian adat jawa anak dan kebaya anak perempuan hingga pakaian adat Internasional anak seperti cheong sam anak tersedia di Tokopedia.

Bagaimana Cara Merawat Pakaian Adat Nasional Anak

Sudah selesai mengenakan pakaian adat nasional anak? Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membersihkan baju tersebut. Tentunya baju tersebut sudah kotor akibat keringat dan juga noda-noda yang terjadi akibat pemakaian sehingga tidak ada cara lain selain mencucinya agar kembali segar dan siap digunakan kembali di lain kesempatan. Untuk mencucinya, kamu harus berhati-hati nih, karena baju adat ini umumnya memiliki warna-warna yang berbeda setiap bagiannya sehingga kamu harus memisahkannya sesuai dengan warnanya untuk mencegah kelunturan. Untuk metode pencucian, sebaiknya dicuci menggunakan tangan. Tahapannya adalah sebagai berikut. Pertama pisahkan baju adat sesuai dengan warnanya. Kemudian rendam dengan air yang sudah dicampur dengan deterjen dan rendam selama 10-15 menit. Jangan lupa cek apakah ada noda yang menempel, sedikit tips, untuk noda membandel kamu bisa gunakan sabun mandi untuk hasil lebih efektif. Kemudian bilas hingga bersih dan jemur dengan cara diangin-anginkan. Pakaian adat sebaiknya tidak di setrika karena panasnya dapat merusak bahan, dan simpan dengan cara digantung dengan hanger plastik.