Produk
Katalog
Kategori UtamaFashion AnakSeragam SekolahTopi Seragam Sekolah
5.5rb+ Produk
Gratis Ongkir
Official Store
Power Merchant
Instant Courier
Sort
Filter

Pencarian Terkait

Daftar Harga Topi Seragam Sekolah Terbaru Desember 2019

Jenis Topi Seragam Sekolah

Kita semua mengetahui, tingkatan sekolah di Indonesia memiliki seragam berbeda tiap tingkatannya. Mulai dari seragam sekolah, celana, dasi, dan topi memiliki perbedaanya masing-masing. Diantaranya yang memiliki perbedaan paling mencolok adalah topi seragam sekolah. Topi ini memiliki perbedaan dari masing-masing tingkatan sekolah, mari kita bahas lebih lanjut. Pertama dari tingkatan Sekolah Dasar atau SD, topi SD ini memiliki ciri khas berwarna merah yang senada dengan celana sekolahnya. Kemudian adalah Sekolah Menengah Pertama atau SMP, topi SMP, topi ini memiliki warna biru gelap. Terakhir adalah Sekolah Menengah Atas atau SMA, topi SMA ini memiliki ciri khas warna abu-abu. Ada juga topi Pramuka yang memiliki warna coklat. Fungsi perbedaan warna ini adalah sebagai identitas murid pada masing-masing jenjang pendidikan. Meski memiliki perbedaannya masing-masing, ada satu persamaan yang dimiliki topi seragam ini, yaitu keberadaan logo Tut Wuri Handayani, yaitu logo semboyan pendidikan Indonesia. Logo ini biasanya terdapat pada bagian tengah topi SD, SMP, dan juga SMA.

Alasan Mengapa Harus Menggunakan Topi Saat Upacara Sekolah

Setiap pelaksanaan upacara bendera yang dilakukan setiap hari senin selain menggunakan seragam sekolah, murid wajib menggunakan topi selama upacara bendera berlangsung. Mungkin bagi sebagian murid, menggunakan topi ini hanya untuk mentaati peraturan sekolah saja, dan untuk melindungi kepala dari panas sinar matahari. Namun, makna penggunaan topi tidak sebatas itu saja, topi sekolah memiliki makna yang cukup dalam. Hal ini dapat dilihat dari adanya logo dan tulisan Tut Wuri Handayani yang ada pada topi sekolah. Logo dan tulisan ini merupakan semboyan seorang guru yang diciptakan oleh Ki Hajar Dewantara yang dikenal sebagai bapak pendidikan Nasional. Semboyan ini memiliki arti "ketika berada di belakang seorang guru harus bisa memberikan dorongan serta arahan." yang maksudya adalah seorang guru harus memberikan dorongan serta arahan kepada para muridnya agar menjadi orang yang lebih baik. Oleh karena itu dengan menggunakan topi sekolah ini, diharapkan bahwa semboyan tersebut tetap teringat dan terlaksana dengan baik di lingkungan sekolah.

Cara Mencuci Topi Sekolah

Dipakai dan digunakan hampir setiap minggu ketika melaksanakan upacara bendera, topi sekolah pasti mudah kotor dan bau akibat panas matahari yang menyebabkan keringat. Oleh karena itu, pencucian yang rutin perlu dilakukan agar topi kembali segar dan bersih saat digunakan. Buat kamu yang belum tahu cara membersihkan topi yang benar, berikut adalah cara mencuci topi agar kembali segar. Pertama, siapkan air dingin untuk mencuci topi, mencuci dengan air hangat adalah kesalahan karena dapat membuat warna topi luntur dan siapkan sikat kecil dan deterjen yang ramah pakaian warna. Kemudian masukan detejen kedalam air dingin dan larutkan, kemudian rendam topi selama 10-15 menit. Selanjutnya, sikat topi secara perlahan menggunakan sikat kecil yang sudah disiapkan, sikat menyeluruh bagian luar dan dalam hingga noda-noda hilang. Setelahnya, keringkan topi dengan cara diangin-anginkan, hindari sinar matahari langsung karena bisa merusak bahan topi. Sudah deh, sekarang topi yang sudah kering bisa kamu gunakan kembali, jika akan disimpan dalam waktu lama seperti saat libur semester, simpan topi di tempat yang aman dan terlindung dari debu.

Daftar Kelengkapan Seragam Sekolah

Kamu sedang mencari seragam sekolah baru untuk menggantikan yang lama karena sudah rusak atau kamu sudah naik tingkat ke jenjang sekolah lebih tinggi? Berikut ini adalah daftar kelengkapan seragam sekolah yang harus kamu miliki, sesuai dengan peraturan Pemerintah dan peraturan sekolah. Pertama adalah atasan seragam, atasan seragam biasanya berbentuk kemeja putih lengan panjang/pendek dengan logo saku yang berbeda tiap tingkatannya. Kemudian ada bawahan seragam, bawahan ini memiliki perbedaan warna yaitu SD berwarna merah, SMP berwarna biru gelap dan SMA berwarna abu-abu. Penggunaan bawahan seragam ini dibarengi dengan belt seragam sekolah Selanjutnya adalah dasi seragam sekolah, sama halya dengan bawahan sergam, dasi seragam ini memiliki warna yang berbeda untuk tingkat SD, SMP, dan SMA. Selanjutnya adalah sepatu sekolah yang umumnya berwarna hitam, jangan lupa dibarengi dengan kaos kaki sekolah saat menggunakannya. Bagi murid sekolah perempuan muslim, ada satu kelengkapan lagi yaitu kerudung sekolah untuk menutup aurat. Itulah daftar kelengkapan seragam sekolah yang wajib digunakan anak sekolah. Cek Tokopedia untuk mendapatkannya dengan harga terjangkau!