Kain Batik
95.487 Produk

Apresiasi Budaya Indonesia dengan Aneka Kain Batik

Di dalam ilmu tata ruang dekorasi ada istilah yang dikenal sebagai elemen estetis. Kain batik yang dipakai untuk dekorasi di dalam ruangan biasanya berupa hiasan dinding. Dewasa ini penggunaan batik terus mengalami perkembangan seiring dengan banyaknya inovasi dan kreativitas pengusaha dan desainer batik. Jika dilihat dari segi motif, kain ini bisa dapat dihadirkan dalam nuansa klasik ataupun modern dengan jenis warna yang menyesuaikan dengan kebutuhan dekorasi. Untuk menambahkan kesan ceria, dapat gunakan batik berwarna cerah. Sementara untuk motif, bila ingin menghadirkan kesan kekinian, pilihlah motif yang modern. Namun, ada hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan yakni segi bahan baku yang akan digunakan. Biasanya, bahan kain ini terbuat dari mori atau sutra, tetapi bahan tersebut hanya sesuai jika digunakan untuk bahan busana. Untuk keperluan dekorasi haruslah menggunakan bahan yang lebih kuat.

Keindahan Kain Batik Nusantara Indonesia

Tak hanya sekedar kain, batik merupakan seni, mengingat betapa secarik kain batik dibuat secara handmade oleh pengrajin batik. Tak lupa juga dengan proses tekstil batik yang juga memakan waktu berhari-hari untuk memproduksi. Dengan sedikit kreativitas dari para pengrajin batik, jenis kain ini bisa juga digunakan sebagai material bahan pembuatan berbagai aksesoris seperti tas, sandal, kipas, kantong hp. Perkembangan produk kain ini memperkuat daya kreativitas yang menyebabkan kegunaan batik semakin luas. Hal ini juga membuat imej batik sebagai sesuatu yang kuno jika dipakai menjadi terbantahkan. Kain batik yang dapat diperoleh di Indonesia juga berbeda motif nya dari daerah ke daerah lain. Beberapa kota di Indonesia yang terkenal akan kain batik nya adalah kampung batik Trusmi di Cirebon. Kota Solo juga memiliki jenis motif kain batik yang berbeda, seperti motif Sidha Drajat. Tak terkecuali Batik Jogja, Batik Pekalongan, yang juga memiliki motif indah tersendiri.

Kain Batik Motif Khas Daerah & Modern

Seiring berkembangnya zaman, penggunaan kain batik sebagai busana tradisional memang semakin berkurang. Apalagi generasi muda saat ini bisa disebut sangat jarang memakai batik karena dianggap kuno. Bukan hanya itu, makna simbolik yang ada pada ragam hias batik tradisional juga makin tidak dikenal seiring tergerus oleh zaman. Tetapi dengan munculnya berbagai inovasi dan sedkiti kreativitas, saat ini batik sudah dijadikan pakaian umum yang banyak digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Motif dan juga desain batik juga semakin berkembang pesat yang menjadikan generasi muda merasa tertarik untuk memakai busana batik. Dewasa ini ada banyak desainer muda yang berkiprah di dunia fashion dengan mengambil batik sebagai sumber inspirasi dalam proses pembuatan baju. Dari tangan para desainer muda inilah kemudian lahir berbagai desain baju batik yang sangat elegan dan sesuai dengan tuntutan gaya hidup modern.  

Belanja Kain Batik Lebih Mudah dan Murah di Tokopedia

Melestarikan warisan budaya bangsa dapat dilakukan dengan berbagai cara. Khusus untuk kain batik sendiri, jenis kain ini bisa diaplikasikan untuk berbagai keperluan mulai dari aksesoris sampai busana yang indah dan tidak kalah trendy dengan baju modern. Namun, yang tidak kalah penting untuk diperhatikan sebelum membeli batik adalah kualitas kain batik. Pastikan kualitasnya terjamin dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Di Tokopedia Anda dapat menemukan berbagai kain batik etnik nasional khas daerah, dari kain batik Trusmi Cirebon, kain batik Solo, kain batik Jogja, kain batik Pekalongan, dan kain batik Bali. Dapatkan berbagai kain batik etnik model terbaru dengan motif modern, dari harga termurah hanya di Tokopedia. Beli kain batik secara lebih hemat waktu dan tenaga dari berbagai toko kain batik online terpercaya di Tokopedia. Terdapat berbagai pilihan kain batik daerah, dapatkan berbagai promo menarik & pengiriman cepat ke seluruh Indonesia.