Produk
Katalog
Kategori UtamaFashion WanitaBatik WanitaKain Tenun
28.5rb+ Produk

NEW

Tukar Tambah
Gratis Ongkir
Official Store
Power Merchant
Instant Courier

NEW

Dilayani Tokopedia
Sort
Filter

Pencarian Terkait

Daftar Harga Kain Tenun Terbaru Oktober 2019

Banyaknya Corak Kain Tenun Cantik Milik Indonesia

Selain kain batik yang merupakan salah satu bahan khas Indonesia, ada juga kain tenun yang merupakan kebudayaan Indonesia yang tak kalah menariknya dengan batik. Sama halnya seperti batik, kain tenun tersedia dalam banyak corak dan warna berbeda, tergantung daerah asal dari kain tenun tersebut. Beberapa kain tenun Indonesia yang terkenal ada kain tenun Jepara yang identik berwarna merah, kain tenun dari Lombok dengan motif garis lurik, daerah di Sulawesi Tenggara dengan tenun khas warna biru, dan banyak motif tenun lainnya dari daerah asalnya masing-masing. Banyaknya pilihan corak pada kain tenun ini bisa dimanfaatkan untuk begitu banyak kegunaan. Selain untuk digunakan sebagai pakaian atasan atau rok tenun, bahan tenun dapat digunakan juga sebagai selendang pelengkap pakaian Anda, pajangan yang indah untuk di rumah, atau bahkan untuk mas kawin seperti yang sering dilakukan oleh masyarakat pulau Sumba. Bagi Anda yang ingin memiliki koleksi kain tenun ataupun melengkapi koleksi yang sudah ada, maka dapat mengunjungi Tokopedia dimana Anda bisa lihat langsung selengkapnya kain tenun dalam koleksi lengkap dan memiliki kualitas terbaik.

Teknik Pembuatan Kain Tenun Yang Begitu Memikat

Sudah tahu belum Anda, bahwa dibalik corak kain tenun yang begitu menarik terdapat proses produksi yang begitu memikat? Proses pembuatan kain tenun terdiri dari empat tahapan penting. Tahapan pertama adalah tahap pemintalan benang putih yang dilakukan pada mesin pintal benang yang nantinya juga akan digunakan dalam membuat motif. Setelah benang putih dipintal, motif dibuat dengan cara menggunakan tali rafia yang diikatkan pada benang-benang putih. Tahap ketiga adalah tahap pencelupan atau pewarnaan benang. Benang yang sebelumnya sudah diikat dengan rafia untuk membentuk pola yang ingin dibuat dicelup ke warna yang ingin digunakan. Digunakannya rafia yang berbahan plastik pada tahapan sebelumnya akan menutup area tertentu di benang agar tidak terkena warna. Setelah diberikan warna, benang harus diletakkan dalam urutan yang tepat sesuai pola terlebih dahulu di mesin tenun. Baru lah setelah ini masuk ke tahapan terakhir, yaitu proses penenunan dengan cara menempatkan benang yang telah diwarnai secara horizontal di mesin tenun, untuk ditarik agar menyatu dengan benang putih vertikal untuk membentuk kain tenun cantik yang siap pakai.

Perbedaan Antara Kain Tenun NTT dan Kain Tenun Lombok

Karena daerahnya yang tidak terlalu jauh dan corak kain tenunnya yang dapat dikatakan cukup serupa, tidak jarang banyak yang sering tertukar antara kain tenun NTT dan Lombok. Padahal, kedua bahan ini sebenarnya memilki perbedaan jika diperhatikan. Perbedaan pertama terletak di corak tiap bahan. Tenun yang berasal dari NTT cukup populer karena motif bentuk ketupat atau segitiga, berbeda dibandingkan tenun khas Lombok yang motifnya dikenal lebih banyak garis-garis lurik, kotak-kotak, segi enam, atau segitiga yang disusun secara zigzag. Perbedaan kedua, adalah pilihan warna benang yang digunakan di setiap bahan. Tenun khas NTT maupun Lombok sama-sama dikenal memiliki warna yang cerah, namun perbedaannya terletak di warna dasarnya. Tenun Lombok menggunakan warna dasar hitam, sedangkan NTT tidak menggunakan warna dasar sehingga terlihat lebih colorful. Bagi Anda yang tertarik untuk mengoleksi tenun ikat asal pulau Lombok maupun NTT, tak perlu khawatir karena bisa didapatkan secara mudah dari Tokopedia. Tersedia tenun handmade berkualitas dalam beraneka ragam warna, memberikan Anda kesempatan untuk memilih tenun dalam warna kesukaan Anda.

Beragam Produk Kain Tenun Lengkap Di Tokopedia

Bahan tenun kini bisa Anda temukan dalam beraneka ragam produk. Mulai dari potongan pakaian dalam fashion wanita, pria, maupun anak, tersedia dalam bahan tenun. Tersedia pula produk lain seperti sejadah tenun, atau bahkan kain tenun atau songket yang dibuat khusus untuk menjadi dekorasi di rumah. Sedang memiliki kebutuhan atau keinginan untuk memiliki salah satu bahan ciri khas budaya Indonesia dalam bentuk bahan tenun? Saat ini, beraneka produk tenun bisa didapatkan secara mudah melalui online store. Berbelanja di Tokopedia memudahkan Anda untuk mendapatkan bahan tenun dari berbagai daerah tanpa harus mengunjungi daerahnya masing-masing. Anda bisa menemukan tenun ikat tradisional Jawa, kain songket Bali maupun kain tenun Bali, dan banyak produk lainnya secara mudah. Langsung pilih saja produk yang diinginkan dari foto yang tersedia, pilih bahan kesukaan Anda, lalu masukkan ke keranjang untuk melakukan pembayaran. Jika ingin tahu selengkapnya, yuk langsung saja kunjungi Tokopedia! Seluruh pertanyaan, informasi lebih lanjut, atau bantuan tentang produk yang akan dibeli bisa disampaikan langsung ke store penjual tenun di Tokopedia.