Kategori UtamaKameraBaterai Charger GripBaterai
51.528 Produk
Wasabi Power Battery (2-Pack) and Dual USB Charger for Sony NP-FW50
Wasabi Power Battery (2-Pack) and Dual USB Charger for Sony NP-FW50Rp 579.000
Jakarta
(690)
4pcs Eneloop Pro AAA 950mAh
4pcs Eneloop Pro AAA 950mAhRp 145.000
Kota Surabaya
(93)
Battery CR123A
Battery CR123ARp 33.000
Jakarta
(103)

Jenis-Jenis Baterai Kamera Canon Berdasarkan Jenis Kamera

Baterai kamera telah berevolusi tidak lagi hanya sekadar baterai AA atau AAA yang bisa dibeli dimana saja. Banyak kamera yang menggunakan jenis baterai spesifik yang hanya bisa ditemukan di toko kamera atau toko komputer. Kamera digital Canon memiliki jenis baterainya sendiri yang berbeda dari baterai kamera lain. Beberapa jenis baterai kamera Canon antara lain seri NP, merupakan baterai yang didesain untuk kebutuhan jenis kamera profesional Canon yang memiliki kapasitas tinggi. Baterai kamera Canon seris BP diciptakan untuk pengguna kamera semi-profesional. Kamera seri NB merupakan seri yang lebih kecil dan ringan dibanding seri BP, untuk pengguna kamera Canon yang berukuran kecil seperti kamera digital. Seri LP merupakan baterai kamera Canon terbaru untuk jenis kamera profesional mereka, memiliki kapasitas yang lebih tinggi dan ukuran lebih kecil serta lebih ringan apabila dibandingkan dengan baterai kamera Canon seri NP sebelumnya.

Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Baterai Kamera DSLR

Kebanyakan kamera DSLR (Digital Single Lens Reflect) saat ini memerlukan jenis baterai tertentu sebagai sumber dayanya. Berbeda jenis kameranya berbeda pula model baterainya. Sangat penting untuk membeli baterai kamera DSLR yang sesuai dengan tipe kamera DSLR yang Anda gunakan. Satu produsen kamera bisa memiliki beberapa jenis kamera yang memiliki baterai yang berbeda-beda pula. Beberapa kamera DSLR memiliki aksesoris berupa grip vertikal yang bisa menghubungkan baterai berbeda jenis. Kamera DSLR cenderung menggunakan baterai Li-ion yang dapat diisi ulang dan memiliki kapasitas lebih besar dengan ukuran yang lebih kecil dan ringan. Baterai Li-ion untuk kamera DSLR memiliki berbagai jenis yang berbeda sesuai dengan kamera yang digunakan, dan ada beberapa kamera yang bisa digunakan baterai sekali pakai melalui adapter. Harga dari baterai kamera DSLR Li-ion cenderung lebih mahal apabila dibandingkan dengan baterai sekali pakai.

Tips Baterai Kamera Digital Lebih Hemat dan Tahan Lama

Salah satu hal yang dikeluhkan para fotografer adalah kapasitas baterai kamera digital yang boros sehingga memerlukan banyak isi ulang. Bukan suatu hal yang mengejutkan, karena semakin sering diisi ulang, maka baterai akan kehilangan kemampuan untuk menampung kapasitas daya secara penuh. Salah satu cara menghemat penggunaan baterai kamera digital adalah dengan memanfaatkan fitur viewfinder ketimbang menggunakan layar LCD. Anda bisa mematikan layar LCD dan memanfaatkan fitur viewfinder untuk menjepret momen. Jika kamera yang Anda gunakan tidak memiliki fitur viewfinder, turunkan tingkat kecerahan LCD  untuk mengurangi penggunaan daya. Penggunaan flash juga akan sangat menguras baterai kamera, oleh karena itu, batasi penggunaan flash. Mengaktifkan fitur hemat daya yang disematkan pada beberapa kamera digital terbaru bisa menjadi solusi dari permasalahan baterai yang boros, meskipun agak sedikit menyebalkan karena kamera akan mati dengan sendirinya.

Beberapa Hal Penting Dalam Memilih Baterai Kamera Terbaik

Berbelanja baterai kamera adalah hal yang menarik. Pasalnya, Anda akan segera menggunakan baterai kamera terbaru yang kapasitas penyimpanannya lebih tinggi apabila dibandingkan kapasitas baterai lama yang sudah sering diisi ulang. Akan tetapi, ada hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli baterai kamera. Untuk mendapatkan baterai kamera terbaik, pastikan produsen baterai tersebut memberikan garansi. Kualitas baterai kamera juga bisa dilihat dari jangka waktu garansi yang diberikan. Garansi selama dua atau tiga tahun menandakan bahwa produsen tersebut percaya kualitas baterai kamera yang mereka jual akan bertahan lama. Hindari membeli baterai kamera yang hanya memiliki jangka waktu garansi satu tahun, produk sejenis ini biasanya memiliki durabilitas yang tidak tahan lama. Pastikan juga bahwa produsen kamera memiliki layanan keluhan pelanggan, ketika memiliki permasalahan dengan baterai Anda bisa menanyakan permasalahan dan mendapatkan solusinya.