Obat - Obatan
Kategori UtamaKesehatanObat Obatan
Lihat Kategori Lainnya
832.098 Produk
minyak kutus kutus
minyak kutus kutusRp 230.000
Kota Tangerang
(1)
QnC Jelly Gamat Asli 100% ORIGINAL
QnC Jelly Gamat Asli 100% ORIGINALRp 155.000
Jakarta
(4816)
GLUTA DRINK ORIGINAL
GLUTA DRINK ORIGINALRp 29.500
Kota Surabaya
(387)
MINYAK KEMIRI
MINYAK KEMIRIRp 7.000
Jakarta
(1462)

Obat-obatan Sebagai Solusi Hidup Sehat

Di zaman modern ini, obat-obatan lah yang cenderung beredar luas di pasar. Dengan harga terjangkau, obat ini memperoleh popularitasnya sebagai salah satu solusi dari segala penyakit yang diderita masyarakat. Namun, saat ini obat-obatan alami mulai mendapatkan kembali tempat di hati masyarakat. Melalui racikan yang dibuat secara turun-temurun oleh nenek moyang, obat-obatan alami dipercaya memiliki khasiat yang tak hanya bisa menyembuhkan satu macam penyakit, namun juga menyehatkan fungsi organ tubuh. Obat-obatan alami menggunakan sepenuhnya material organik sehingga efek samping yang dapat terjadi lebih sedikit dibanding obat-obatan kimia. Pada zaman dahulu, mengobati sakit kepala dapat menggunakan obat-obatan alami dari racikan bunga matahari dan rempah-rempah, sedangkan saat ini dapat ditangani dengan paracetamol. Dari sisi ekonomis, obat-obatan alami memiliki harga yang terjangkau dengan khasiat lebih banyak dibanding obat generik.

Jenis-Jenis Obat Sakit Gigi

Sakit gigi bukanlah penyakit yang dapat disepelekan. Rasa nyeri yang ditimbulkan juga mengakibatkan migrain, sakit pada leher, mata, sampai pundak. Hal ini disebabkankan saraf bagian tubuh tersebut saling berhubungan sehingga ketika satu bagian tubuh sakit, akan berpengaruh pada bagian tubuh lainnya. Penyebab sakit gigi juga beragam, yang paling umum adalah pembusukan gigi akibat gigi berlubang, pembengkakan gusi akibat nanah yang menumpuk di dasar gusi, atau keretakan pada gigi. Jika sakit gigi terjadi, pencegahan terbaik adalah menggunakan obat sakit gigi yang dapat meredakan nyeri. Obat sakit gigi dibagi menjadi dua jenis: obat sakit gigi antibiotik, berkhasiat membunuh bakteri jahat yang menginvasi bagian gigi dengan bakteri yang baik; obat sakit gigi analgetik dengan bahan dasar aspirin dan ibupropen yang berkhasiat untuk meredakan nyeri sehingga dapat reda seketika. Sakit gigi juga dapat disembuhkan dengan obat sakit gigi tradisional seperti larutan air garam dan daun sirih.

Apa itu obat-obatan Esensial?

Mari berkenalan dengan kategori obat yang satu ini. Obat-obatan esensial adalah obat yang dijadikan prioritas kebutuhan pelayanan kesehatan penduduk, yang dapat diakes setiap saat dengan jumlah yang mencukupi. Harga yang dipatok untuk obat esensial harus terjangkau oleh semua kalangan masyarakat. World Health Organization menyarankan setiap negara memiliki daftar obat-obatan esensial masing - masing. Standar obat esensial didasarkan pada seberapa sering penyakit terjadi di suatu negara, bukti manfaat dan efek samping yang timbul, serta efisiensi biaya jika dibandingkan dengan pilihan yang lain. Contohnya di Indonesia adalah analgesik, obat yang berkhasiat untuk menahan rasa sakit termasuk obat anti radang non steroid, antipiretik adalah obat yang digunakan untuk menurunkan temperatur tubuh di saat demam, Anastetika adalah obat yang digunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada saat pembedahan. Antidotum merupakan obat yang digunakan untuk menawarkan racun dalam tubuh.

Obat Antibiotik Untuk Menangani Infeksi Serius

Antibiotik adalah jenis obat yang digunakan untuk menyembuhkan infeksi yang disebabkan oleh parasit dan bakteri. Obat antibiotik hanya diresepkan oleh dokter apabila infeksi yang diderita lebih serius, namun antibiotik tidak digunakan untuk menyembuhkan penyakit yang ditimbulkan oleh virus. Setiap menerima resep obat antibiotik, Anda akan diperingatkan untuk meminum obat antibiotik sampai habis. Hal ini perlu dilakukan karena dosis obat antibiotik yang diberikan adalah dosis tepat untuk membunuh bakteri dan mencegah bakteri bermutasi sehingga dapat menimbulkan infeksi yang lebih parah. Beberapa antibiotik dianjurkan untuk dikonsumsi satu atau dua jam sebelum makan, saat perut kosong. Obat antibiotik hadir dalam beragam bentuk, kapsul, tablet, dan cairan. Ada juga obat antibiotik yang digunakan pada bagian luar tubuh dalam bentuk salep atau krim yang dioleskan pada kulit luar, serta yang berbentuk cairan yang diteteskan pada bagian mata atau telinga.