Kategori UtamaKesehatanPerlengkapan Medis

Alat Laboratorium

Gelas Ukur (Silinder Ukur) 50ml
Rp 27.300
Jakarta BaratPancasakti
starstarstarstarstar (67)

Pencarian Terkait

Daftar Harga Alat Laboratorium Terbaru November 2020

Harga Premium Needle Bottle 20ML for PODS User - Botol Jarum Salt Nic PodRp15.000
Harga PH METER DIGITAL PH TESTER ALAT TEST AIR KEASAMAN KEBASAAN HIDROPONIKRp59.800
Harga WarmTone WT-11 Salinity Hydrometer Pengukur Kadar GaramRp58.900
Harga PH Test Paper / Kertas PH Meter / Kertas Lakmus 80 Strip / PH TesterRp15.000
Harga Kertas lakmus 100 pcs suncare ph paper 100 strip Universal test paperRp45.000
Harga Aquadest / Distilled Water 5 Liter Air Suling / Aquades / Akuades 5LRp32.500
Harga Pipet tetes kaca panjang +/- 20 cm, LOKALRp3.000
Harga tabung reaksi kaca polosRp1.900
Harga Pot Urine Uk. 20cc / Pot Salep Uk. 20mlRp290
Harga PH Meter PH Tester Pena PH Ukur Alat Pengukur Keasaman Cairan DigitalRp49.000
Data diperbaharui pada 27/11/2020

Kenali Lebih Lanjut Mengenai Alat Laboratorium

Jika kamu mendengar istilah alat laboratorium, pasti kamu sudah langsung membayangkan bahwa alat yang ada di laboratorium. Laboratorium itu sendiri merupakan sebuah tempat yang biasanya menjadi lokasi untuk melakukan riset ilmiah, eksperimen, maupun pengukuran ilmiah lainnya. Laboratorium terbagi menjadi beberapa jenis tergantung pada kegunaannya. Tempat ini biasanya berkaitan dengan hal ilmiah dan kimia. Adanya laboratorium memungkinkan orang yang bekerja di bidangnya bisa melangsungkan penelitian secara terkendali. Nah, alat-alat yang digunakan pada laboratorium biasanya disebut sebagai alat laboratorium. Kamu tidak bisa menggunakan alat laboratorium secara sembarang karena alat laboratorium telah didesain sedemikian rupa untuk digunakan sesuai dengan fungsinya. Berbagai alat laboratorium diproduksi sesuai dengan kegunaannya masing-masing. Setiap laboratorium memiliki alat laboratorium yang berbeda-beda. Laboratorium rumah sakit tentunya menggunakan alat laboratorium perlengkapan medis.


Berbagai Alat Laboratorium Yang Umum Digunakan

Terdapat banyak sekali jenis laboratorium yang ada. Laboratorium dibagi berdasarkan bidang penelitian ilmiah yang dilakukan di dalamnya. Begitu juga dengan alat laboratorium yang digunakan di dalamnya. Laboratorium fisika tentunya menggunakan alat laboratorium yang berhubungan dengan ilmu fisika, seperti bejana vakum, sedangkan laboratorium metalurgi memiliki alat laboratorium untuk pengolahan logam atau untuk menguji kekuatan logam. Setiap alat laboratorium tidak bisa digunakan secara sembarangan karena alat laboratorium memiliki kegunaan masing-masing. Untuk laboratorium kimia atau yang berhubungan dengan medis, biasanya terdapat alat laboratorium yang umum digunakan. Gelas ukur pyrex menjadi salah satu alat laboratorium yang biasanya terdapat pada laboratorium. Fungsi dari gelas ukur ini adalah untuk mengukur volume larutan, dan biasanya berbentuk seperti pipa berbahan dasar plastik bening. Selain itu, terdapat juga tabung reaksi dan rak tabung reaksi sebagai tempat meletakannya.


Alat Laboratorium Pada Laboratorium Rumah Sakit

Rumah sakit menjadi salah satu tempat yang penting untuk manusia, karena jika kamu jatuh sakit kamu bisa berkonsultasi dengan dokter di rumah sakit. Dalam menangani penyakit, dokter membutuhkan perlengkapan medis serta data-data pasien. Beberapa tindakan medis juga membutuhkan hasil dari pemeriksaan laboratorium, seperti pengambilan darah. Nah, pemeriksaan medis ini dilakukan di laboratorium rumah sakit. Dalam melakukan medical check up yang membutuhkan hasil darah atau hasil cek laboratorium lainnya, tenaga medis menggunakan alat laboratorium yang termasuk ke dalam perlengkapan medis. Terdapat beberapa alat laboratorium yang menjadi perlengkapan medis di laboratorium rumah sakit. Tabung reaksi menjadi salah satu alat laboratorium yang sering digunakan untuk menyimpan sampel darah yang sudah diambil dari seseorang. Alat laboratorium ini berbahan dasar kaca atau plastik, dan memiliki ukuran sebesar jari manusia. Alat laboratorium harus dipastikan steril dan bebas dari kontaminasi kotoran.


Kegunaan Berbagai Alat Laboratorium Sebagai Perlengkapan Medis

Seperti yang sudah kamu ketahui, setiap laboratorium pasti membutuhkan alat laboratorium yang unik dan sesuai dengan jenis laboratoriumnya itu sendiri. Di rumah sakit, alat laboratorium yang digunakan termasuk ke dalam golongan perlengkapan medis karena membantu tenaga medis dalam menghasilkan data pemeriksaan medis. Tenaga medis yang mengoperasikan laboratorium di rumah sakit juga harus memiliki kemampuan khusus. Di dalam laboratorium, alat laboratorium yang umumnya terdapat pada lab rumah sakit adalah pipet tetes. Alat laboratorium ini berguna untuk memindahkan cairan dalam jumlah yang kecil, yaitu berupa tetesan. Penggunaan alat laboratorium ini dilakukan untuk menjaga kesterilan cairan dan penelitian. Selain itu, tenaga medis di dalam lab juga harus menggunakan jas laboratorium agar tetap steril dan memberikan keamanan. Berbagai alat laboratorium pyrex, dari termometer laboratorium, alat farmasi, hingga mortar penumbuk obat berkualitas dengan harga terjangkau hanya tersedia di Tokopedia.