Kategori UtamaKomputer AksesorisNetworkingPowerline
2.123 Produk
TP-LINK TL-WPA4220KIT : 300Mbps AV500 WiFi Powerline Extender
TP-LINK TL-WPA4220KIT : 300Mbps AV500 WiFi Powerline ExtenderRp 610.000
Jakarta
(78)

Perbedaan Antara Kabel LAN, Kabel Wi-Fi, dan Kabel Powerline Adapter

Saat memasang jaringan internet, Anda tentu mengenal beberapa jenis kabel seperti kabel LAN, kabel Wi-Fi, serta kabel powerline. Apa sih perbedaan dari masing-masing kabel tersebut? Secara sederhana, dalam pemasangan LAN, kabel yang dibutuhkan adalah jenis kabel UTP yang terdiri dari 8 kabel dan terhubung antarnode dengan port ethernet. Sedangkan saat pemasangan wi-fi, tidak ada kabel yang dibutuhkan karena dalam sistem kerjanya memanfaatkan media frekuensi sehingga dapat melintas bebas antar jaringan node seperti dalam perangkan smartphone. Contoh lainnya adalah wifi komputer yang berada dalam perangkat itu sendiri. Selanjutnya adalah powerline adapter, yakni sebuah teknologi yang mengubah komunikasi data menjadi transmisi tenaga listrik. Dalam penerapannya, powerline adapter dapat menggunakan kabel listrik di rumah. Soal keamanan, Anda tidak perlu khawatir karena secara umum powerline adapter sudah memiliki teknologi enkripsi data dalam transmisinya.

Powerline Adapter Terbaik, Apakah Beda Merek Masih Bisa Terhubung?

Jika Anda mempunyai beberapa macam powerline adapter terbaik di rumah, Anda tidak perlu khawatir karena koleksi powerline adapter terbaik Anda masih bisa digunakan dalam satu jaringan. Yang terpenting, kumpulan powerline adapter terbaik Anda tersebut memiliki standar yang sama. Misalnya saja, satu powerline adapter terbaik menggunakan standar HomeplugAV, maka powerline adapter terbaik yang lainnya pun harus memiliki standar yang sama. Meskipun demikian, Anda disarankan untuk menggunakan merek powerline adapter terbaik yang sama jika memungkinkan. Karena perbedaan merek powerline akan mempengaruhi kecepatan transfer. Dalam hal instalasi, Anda juga perlu memberi perhatian lebih. Karena setiap powerline adapter terbaik mempunyai software yang berbeda. Sehingga, dalam pemasangannya tidak bisa dilakukan dalam satu kali setelan untuk semua powerline adapter terbaik berbeda merek yang terhubung.

Proses Instalasi Powerline Adapter Tp-link yang Baik dan Benar

Saat pemasangan powerline adapter Tp-link, sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah oleh semua kalangan. Karena, pemasangan powerline adapter Tp-link ini tidak memerlukan kemampuan khusus karena tidak adanya konfigurasi khusus yang perlu diperhatikan. Yang terpenting, Anda harus tahu bahwa dalam pemasangan powerline adapter Tp-link, Anda akan membutuhkan minimal dua port powerline adapter Tp-link dan maksimal 16 port. Sangat disarankan bagi Anda untuk tidak banyak menghubungkan port ke banyak perangkat, karena hal tersebut dapat mempengaruhi kecepatan transmisi data sehingga jaringan internet berjalan lebih lambat. Selanjutnya, setelah Anda menyediakan dua port tersebut, Anda cukup memasukkan powerline adapter Tp-link ke dalam port listrik dalam salah satu port dan memasukkan kabel network pada port powerline adapter Tp-link sisanya. Dengan begitu, Anda sudah bisa menikmati jaringan internet.

Apa Saja Pertimbangan dalam Memilih Powerline Adapter yang Bagus?

Saat Anda mencari powerline adapter yang bagus, pasti Anda akan menemukan banyak pilihan powerline adapter yang bagus yang ditawarkan dengan berbagai fitur menarik. Akan tetapi, apakah pilihan tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan Anda? Pada dasarnya, hampir semua powerline adapter yang bagus memiliki teknologi yang mirip. Hanya saja, ada beberapa variasi soal kecepatan, fitur, serta spesifikasi yang perlu Anda ketahui dalam memilih powerline adapter yang bagus sesuai dengan kebutuhan. Soal kecepatan, adapun kecepatan terendah dari sebuah powerline adapter yang bagus berkisar 85Mbps dan kecepatan tertinggi mencapai 1000Mbps (ataupun Gigabit). Fitur lainnya, Anda bisa memperhatikan kompatibiltas dalam hal jumlah port network, fitur listrik pass through yang memungkinkan powerline untuk langsung terhubung dengan sumber listrik tanpa melalui percabangan listrik, hingga fitur wireless n extenter yang memungkinkan powerline Anda untuk memperluas cakupan sinyal wirelessnya.