Kategori UtamaKomputer AksesorisPeripheral Aksesoris
Lihat Kategori Lainnya
746.672 Produk
USB Hub 4 Ports Atake - Power Strip Style, High speed
USB Hub 4 Ports Atake - Power Strip Style, High speedRp 5.000
Jakarta
(36)

Pengetahuan Dasar Tentang Pengertian Peripheral Komputer Bagi Anda

Saat Anda baru saja mendapatkan komputer di rumah, Anda tentu memerlukan beberapa perangkat lain untuk mendukung kinerja komputer tersebut. Perangkat-perangkat pendukung tersebut dinamakan dengan peripheral komputer. Secara komprehensif, pengertian peripheral komputer adalah berbagai macam komponen pendukung kinerja yang dihubungkan ke komputer untuk mendapatkan informasi dari dan / atau ke komputer, sehingga fungsi komputer dapat menjadi maksimal. Meskipun peripheral komputer ini terhubung pada komputer, namun tetap bukan merupakan bagian inti dari komputer. Masih banyak orang yang masih rancu dengan pengertian peripheral komputer sebenarnya. Banyak yang mengindikasikan bahwa peripheral komputer merujuk pada perangkat yang berada di luar case komputer. Namun, sebenarnya hard disk drive dan optical disk drive yang berada di internal komputer pun termasuk dalam kategori peripheral komputer.

Pengetahuan Dasar Komputer: Belajar Peripheral Komputer dan Fungsinya

Agar dapat memaksimalkan fungsi kinerja komputer, sebaiknya Anda memahami pengetahuan dasar tentang peripheral komputer dan fungsinya. Secara sederhana, peripheral komputer terbagi dalam dua kategori besar, yakni peripheral utama dan peripheral pendukung. Perbedaan keduanya terletak pada cara kerja peripheral komputer dan fungsinya dalam mendukung kinerja komputer. Pada peripheral utama, perangkat keras atau hardware yang tersedia tidak akan bisa bekerja jika tidak digabungkan penggunaannya dengan komputer utama. Beberapa contoh dari peripheral utama ini adalah perangkat mouse, keyboard, dan monitor. Sedangkan peripheral pendukung, memiliki pengertian suatu perangkat atau hardware yang tidak bergantung pada komputer utama untuk mendapatkan manfaatnya. Dalam kata lain, peripheral pendukung ini hanyalah rangkaian tambahan untuk memaksimalkan kinerja komputer. Beberapa contoh peripheral pendukung adalah printer, scanner, ataupun modem.

Jenis Jenis Peripheral Komputer Beserta Fungsinya yang Perlu Anda Tahu

Untuk memaksimalkan kinerja komputer, perlu adanya jenis jenis peripheral komputer yang dibutuhkan. Beberapa jenis jenis peripheral komputer beserta fungsinya yang perlu Anda ketahui adalah perangkat input seperti mouse dan keyboard. Mouse dan keyboard merupakan jenis perangkat input yang berguna until menyediakan data dan kendal ke komputer. Selanjutnya, Anda juga mengetahui perangkat output seperti printer dan monitor. Keduanya merupakan jenis perangkat keras yang menggunakan perintah dari komputer untuk melakukan sebuah tugas (mencetak dokumen pada printer dan menampilkan dokumen pada monitor). Selanjutnya, diluar jenis jenis peripheral komputer di atas, Anda juga perlu mengenal jenis perangkat penyimpanan atau biasa dikenal sebagai storage device seperti hard disk dan cloud storage. Seperti namanya, kedua perangkat ini berfungsi sebagai media penyimpanan data baik sementara maupun secara permanen.

Cara Merawat dan Menjaga Perangkat Peripheral Komputer Agar Awet

Perangkat peripheral komputer adalah sekumpulan perangkat pendukung dari sebuah personal computer atau PC. Secara umum, beberapa jenis perangkat peripheral komputer yang dikenal secara luas adalah keyboard, mouse, monitor, dan printer. Agar menjaga perangkat peripheral komputer tetap awet, maka Anda perlu melakukan beberapa langkah perawatan dikarenakan urusan debu, percikan air, maupun kotoran yang melapisi perangkat peripheral komputer Anda. Beberapa alat yang biasanya digunakan untuk membersihkan adalah kuas, penyedot debu mini, serta kain kering atau tisu. Untuk urusan debu atau kotoran yang menempel pada sela-sela yang sempit perangkat peripheral komputer seperti sela-sela keyboard maupun fentilasi pada monitor, maka penggunaan kuas atau penyedot mini adalah dua alat yang paling disarankan. Sedangkan untuk urusan kotoran akibat percikan air atau tinta pada perangkat peripheral komputer Anda, maka alat yang disarankan adalah tisu atau kain kering.