Diecast
Kategori UtamaMainan HobiDiecast
Lihat Kategori Lainnya
334.188 Produk
Tomica Reguler 77 Hino Profia Nippon Express Truck
Tomica Reguler 77 Hino Profia Nippon Express TruckRp 49.900
Jakarta
(88)
Hot wheels Mega hauler
Hot wheels Mega haulerRp 239.000
Jakarta
(157)

Diecaster, Wajib Tau Sejarah Diecast

Model diecast pertama yang beredar di pasaran adalah jenis mobil dengan tampilan fisik saja. Pada awalnya, diecast diciptakan dengan bahan dasar cetakan kaleng dengan proses pewarnaan manual. Namun, kemudian diecast berkembang menjadi cetakan besi dan teknologi pewarnaan secara decal. Seiring berkembangnya inovasi pada diecast, sebuah produsen diecast pada tahun 1947, Matchbox menjadi primadona diecast. Popularitas mainan diecast sebagai mainan koleksi berkembang pada tahun 1950-an seiring meningkatnya detail dan kualitasnya. Hingga pada tahun 1968, diecast Hot Wheels mulai diperkenalkan di Amerika Serikat oleh produsen Mattel. Mattel sebagai produsen diecast populer saat itu melakukannya untuk memberi mainan favorit kepada anak laki-laki dimana untuk mengimbangi kepopuleran Barbie sebagai mainan boneka bagi para gadis cilik. Pewarnaan yang unik dan menarik membuat diecast Hot Wheels langsung melesat menempati posisi penting pada pasar diecast menyaingi Matchbox dalam hal popularitas.

Hobi Koleksi Diecast Sekaligus Investasi

Mengapa hobi mengoleksi diecast menjadi sumber investasi yang menguntungkan? Memang tidak perlu dipungkiri, semakin panjang umur sebuah benda semakin bernilai barang tersebut. Artinya, benda yang memiliki nilai sejarah tersendiri memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding benda biasanya. Maka dari itu, mainan diecast yang memiliki nilai sejarah panjang biasanya dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Inilah yang menjadikan diecast sebagai benda yang memiliki nilai seni yang cukup tinggi. Karena pada dasarnya, benda yang telah berumur panjang biasanya akan semakin langka dan sulit ditemukan di pasaran. Karena itu, harga beberapa diecast yang mulai langka cukup meningkat karena banyak diburu oleh para kolektor diecast. Alhasil, tidak perlu diragukan lagi, dewasa ini diecast telah menjadi salah satu ladang investasi yang cukup menguntungkan. Jika Anda mulai tertarik dengan serunya mengoleksi mainan diecast, beli berbagai macam diecast sekarang juga hanya di Tokopedia!

Jenis Skala Diecast Yang Wajib Anda Ketahui

Sebelum mengetahui berbagai macam skala diecast, ada banyak jenis model diecast yang perlu Anda ketahui. Berbagai jenis model diecast dapat Anda temukan di pasaran. Memang tidak perlu dipungkiri, diecast yang paling populer saat ini tak lain dan tak bukan adalah diecast model mobil. Dari diecast jenis mobil saja, ada beragam jenis diecast diantaranya mobil sport, mobil klasik, mobil racing, mobil rally, dan mobil lainnya. Skala diecast juga salah satu hal yang membedakan berbagai jenis diecast yang bisa Anda miliki. Beragam skala diecast mulai dari skala paling kecil 1:155 hingga skala paling besar 1:12 menjadi pilihan beragam kolektor dalam mengoleksi diecast. Tentu saja, beda harga diecast didasarkan pada skala yang tersedia dan tingkat ketelitian dari diecast itu sendiri. Tidak hanya itu, beberapa diecast tertentu biasanya memiliki box akrilik yang dapat membuat diecast terlihat lebih eksklusif. Beli sekarang juga berbagai macam diecast dengan beragam skala hanya di Tokopedia!

Beragam Brand Diecast dengan Pilihan Skala Kini Hadir di Tokopedia

Ada banyak skala dalam dunia koleksi diecast, mulai dari skala paling besar 1:12 hingga skala paling kecil 1:155. Skala diecast 1:12 sampai dengan skala 1:18 bisa dibilang skala diecast terbaik. Karena model diecast dengan skala tersebut biasanya memiliki tingkat detail paling bagus dan teliti jika dibandingkan diecast dengan skala lainnya. Harga diecast pun cukup variatif, mulai dari dari ratusan ribu hingga puluhan juta. Di Indonesia diecast yang beredar adalah diecast skala 1:18. Untuk diecast skala 1:12 biasanya hanya dimiliki oleh kolektor profesional karena sulitnya ditemukan di pasaran diecast. Selanjutnya skala diecast 1:24 dan skala diecast 1:32. Sebagian orang menganggap bahwa diecast skala 1:24 adalah skala medium diantara skala 1:18 dan skala 1:43. Jika skala 1:18 dirasa terlalu besar dan skala 1:43 terlalu kecil, maka skala 1:24 dan skala 1:32 inilah yang bisa menjadi alternatif untuk Anda koleksi. Koleksi berbagai macam diecast dengan pilihan skala hanya di Tokopedia!