Kategori UtamaMakanan Minuman

Kopi

Filter
Es Kopi Susu 1 kg (House Blend)
Ad
Es Kopi Susu 1 kg (House Blend)
9%
Rp110.000
Rp99.900
Tadipagiroastery
starstarstarstarstar (475)

Pencarian Terkait

Daftar Harga Kopi Terbaru Oktober 2020

Harga KOPI ARABIKA ACEH GAYO (BIJI/BUBUK) 250 GRAMRp55.000
Harga Kopi Arabika Tanamera Coffee Premium BlendRp111.200
Harga Kopi Arabika Sulawesi: Toraja SapanRp102.400
Harga Kopi Arabika Tanamera Coffee Premium Blend 100grRp60.800
Harga EXCELSO BRAZILIAN SANTOS BUBUK 200GRp46.000
Harga TUKUCUR Es Kopi Susu Tetangga (Khusus kurir Instant atau Same day)Rp75.000
Harga Nescafe Dolce Gusto Espresso Intenso - CapsuleRp96.000
Harga W'Dank Lokalate Kopi Gula Aren (10 Sch)Rp12.000
Harga Excelso Kopi Sachet Robusta GoldRp18.500
Harga Kopi excelso java arabica bubukRp49.500
Data diperbaharui pada 30/10/2020

Asal-usul Minuman Kopi

Seperti diketahui, minuman kopi berasal dari tanaman kopi yang diambil bijinya untuk kemudian diolah sedemikian rupa hingga bisa dikonsumsi sebagai minuman. Pada awalnya, tanaman kopi berasal dari daerah masa lalu bernama Abyssinia yang kini merupakan wilayah dari negara Ethiopia dan Eritrea di Afrika. Meski tanamannya berasal dari Benua Hitam, kopi yang diolah menjadi minuman pertama kali diperkenalkan oleh bangsa Arab. Mereka membawa biji kopi dari Abyssinia untuk diperdagangkan ke Yaman hingga benua Eropa. Setelah meningkat kepopulerannya di Benua Biru pada abad ke-17, masyarakat di sana mulai membuat perkebunan kopi sendiri, namun tidak berhasil karena faktor iklim yang kurang mendukung. Dari situlah bangsa Eropa mulai mencari tempat baru untuk membudidayakan kopi, seperti di Asia yang menjadi wilayah jajahan saat itu. Termasuk Indonesia atau tepatnya pulau Jawa. Dari masa itulah kemudian minuman kopi semakin populer dikonsumsi oleh hampir semua orang di berbagai belahan dunia hingga saat ini.


Jenis Kopi yang Populer Dikonsumsi

Pernahkah berpikir bahwa minuman kopi yang kamu konsumsi berasal dari jenis berbeda, meski rasanya mirip? Setidaknya bagi penikmat kopi awam, rasanya tidak jauh beda. Untuk diketahui, terdapat puluhan jenis tanaman kopi yang tersebar di seluruh dunia. Akan tetapi, tidak semua kopi populer dikonsumsi. Sementara yang paling difavoritkan, yaitu kopi arabika, robusta, liberika dan excelsa. Kopi arabika adalah kopi terfavorit dan spesies kopi yang pertama kali dibudidayakan. Arabika berasal dari Brasil dan Ethiopia, serta kini juga dikembangkan di Indonesia di beberapa daerah, seperti Toraja, Aceh dan beberapa daerah di pulau Jawa. Sementara itu, kopi robusta yang berasal dari Kongo, memiliki ketahanan tanaman yang lebih baik dari jenis kopi lain. Meski, kualitasnya tak sebaik arabika dan lebih murah. Adapun, liberika juga punya kualitas di bawah arabika, tapi disebut masih di atas robusta. Sedangkan, kopi excelsa yang berasal dari Afrika Barat adalah jenis yang belum lama ditemukan, yakni pada awal abad ke-20. Excelsa sendiri masih satu varietas dengan liberika, meski rasa dan kualitasnya berbeda.


Tiada Hari tanpa Minum Kopi

Aktivitas minum kopi, khususnya di Indonesia, merupakan hal penting yang tidak boleh terlewatkan bagi banyak orang setiap hari. Banyak yang percaya bahwa dengan mengonsumsi kopi, mood untuk menjalani aktivitas sehari-hari jadi lebih semangat. Hal ini pun telah dibuktikan oleh banyak penelitian ilmiah. Di mana kopi selain punya rasa yang nikmat, juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh dan pikiran, bahkan untuk kecantikan. Kopi yang diminum secara cukup, memang bisa mendatangkan manfaat, asal jangan diminum dengan gula berlebih. Studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi kopi bisa meningkatkan fungsi otak, memperbaiki mood, merangsang sel saraf, memberikan energi, mengurangi risiko diabetes, dan mencegah penyakit alzheimer. Bahkan, kandungan kopi juga bisa membantu kita untuk membakar lemak di tubuh, melindungi organ hati, menjaga kesehatan jantung, hingga memperpanjang umur. Yang terpenting, jangan mengonsumsi kopi secara berlebihan. Sekitar tiga sampai empat cangkir adalah batas yang direkomendasikan para ahli gizi. Jadi, sudahkah kamu minum kopi hari ini?


Makin Praktis dengan Kopi Kemasan

Saat kopi pertama kali diolah menjadi minuman, kita harus menunggu proses rumit hingga siap dikonsumsi. Bayangkan, buah kopi dipanen, disangrai, digiling, hingga kemudian diolah menjadi minuman siap santap. Butuh waktu yang cukup lama, bukan? Proses tersebut berubah drastis sejak seorang Amerika bernama John Arbukle menciptakan kopi kemasan yang diproduksi massal. Berkat metode ini, semua orang di dunia bisa menikmati kopi dengan cara lebih mudah dan praktis. Produsen kopi lokal pun telah membuat pengonsumsian kopi jadi lebih efisien. Untuk menemani pagi, kamu bisa memilih beberapa kopi kemasan terfavorit, seperti Kopi Kapal Api Special, Luwak White Koffie, Kopi ABC Susu dan Kopi ABC Plus, Indocafe Mix hingga Kopi Good Day. Jika mencari yang lebih cepat lagi dan tanpa repot, kamu bisa memilih Kopiko 78, Good Day Botol, dan lainnya. Bagi penikmat kopi sejati, menyeduh biji kopi bisa mendatangkan sensasi tersendiri. Kamu bisa mengandalkan Nescafe Dolce Gusto untuk menyajikan Kopi Java Robusta nikmat. Jangan lupa tambahkan creamer kopi agar makin sempurna. Bagaimana, siap memulai hari?