Kategori UtamaMakanan MinumanMinuman

Sirup

Filter
Trieste - Sirup Premium 650 ml - Aneka Varian Rasa
Ad
Trieste - Sirup Premium 650 ml - Aneka Varian Rasa
Rp65.000
WIGHOSHOP
starstarstarstarstar (208)

Pencarian Terkait

Daftar Harga Sirup Terbaru Oktober 2020

Harga Sachet Jagorista - Strawberry - Premium Bubble Drink PowderRp3.800
Harga Syrup Trieste Blue Curacao - Sirup Rasa Blue Curacao - 650 mlRp65.000
Harga Monin Sirup Wild Mint / MojitoRp135.500
Harga Gula Aren Cair / Gula Jawa Cair / Brown Sugar Syrup 1 LiterRp33.000
Harga CHUNG JUNG ONE CORN SYRUP KOREAN 700G/GULA JAGUNG 700G/TERMURAH!!Rp32.000
Harga sirup markisa super quality asli pohon pinang medan 2 liter passionRp99.000
Harga Gula Aren Cair Murni 1 literRp30.000
Harga MONIN SYRUP 70 CL (700ml) Terlengkap Varian Rasa; Etalase Monin 700 mlRp135.500
Harga ABC Sirup Squash Delight Anggur 460 ml - Multi Pack 4 pcsRp43.800
Harga Lemonade Nestle Professional 640grRp45.000
Data diperbaharui pada 23/10/2020

Asal-usul Minuman Sirup

Seperti diketahui, sirup adalah cairan kental yang memiliki kandungan gula tinggi. Selain lebih dikenal sebagai salah satu bahan minuman, sirup juga bisa berguna untuk topping makanan maupun bentuk obat. Tapi, sebenarnya bagaimanakah asal-usul dari minuman sirup sendiri? Sejarah sirup sendiri diketahui berawal dari suku asli yang tinggal di Amerika Utara. Mereka adalah kelompok orang yang disebut pertama kali memproduksi sirup. Sirup yang mereka buat sendiri adalah awal mula dari sirup mapel pada abad ke-19 atau lebih tepatnya 1850-an. Sejak saat itu, sirup mulai populer sebagai minuman. Bahkan, hingga sampai ke wilayah Indonesia atau dulu Nusantara. Yakni pada masa penjajahan Belanda, yang berawal pada sebuah pabrik sirup di Surabaya, Jawa Timur. Di masa itu, sirup mulai menjadi minuman favorit. Para produsen sirup pun berlomba-lomba untuk menciptakan minuman sirup yang nikmat, dengan mengandalkan ekstrak dari buah-buahan, aroma bunga, rempah-rempah maupun bahan alami lainnya yang menggugah selera.

Jenis Sirup yang Populer Dikonsumsi

Tahukah kamu bahwa terdapat sangat banyak sekali jenis sirup yang tersebar dan berasal di seluruh penjuru dunia. Bahkan, di masing-masing negara atau daerah memiliki minuman sirup dengan citarasa unik dan khas. Beberapa minuman sirup yang populer di dunia, yaitu sirup madu (madu murni yang diolah dengan air dan bahan alami lainnya), sirup buah (sari buah-buahan), golden syrup (olahan sirup dari gula tebu atau beet), palm syrup, sirup mawar (olahan air mawar dengan gula), squash, corn syrup (terbuat dari pati jagung dan mengandung variasi maltosa), chocolate syrup, sugar beet syrup dan masih banyak lagi jenis lainnya. Di Indoensia, sendiri sirup yang paling populer dikonsumsi adalah sirup yang berasal dari ekstrak buah-buahan. Beberapa jenis buah yang banyak dioleh menjadi minuman sirup di antaranya, yaitu buah melon, stroberi, jeruk, nanas hingga markisa. Selain dari sari buah, sirup dengan rasa kopi, cocopandan, cokelat, caramel hingga vanila juga umum dikonsumsi oleh masyarakat di Tanah Air. 

Sirup Memberikan Kesegaran

Setelah mengetahui asal-usul dan jenis-jenis minuman sirup yang terdapat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Timbul pertanyaan, kenapa banyak orang sangat menyukai minuman sirup? Dan, mengapa hampir di setiap negara menjadikan sirup sebagai salah satu minuman wajib untuk diminum setelah menyantap makanan? Jawabannya adalah karena sirup dianggap mampu memberikan kesegaran dan menetralkan kondisi mulut setelah mengonsumsi berbagai jenis makanan, baik itu daging, telur, ikan dan lainnya yang membuat kondisi mulut seperti tidak nyaman. Dengan meminum sirup sebagai dessert yang berasal dari bahan-bahan alami, mulut kembali terasa segar dan lebih ringan karena kandungan di dalamnya seolah 'menyapu' kesan kurang enak yang ditinggalkan oleh makanan-makanan utama yang kita konsumsi. Selain itu, sirup juga sangat pas jika kita meminumnya di cuaca panas dan di bawah terik Matahari sambil menikmati pemandangan laut di pantai, daerah pegunungan, maupun tempat-tempat menarik lainnya di luar ruang.

Sirup Sambut Tamu Spesial

Di Indonesia sendiri, sirup adalah salah satu minuman wajib yang harus tersedia jika ada hari-hari besar keagamaan, acara penting yang seremonial, hingga penyambut tamu penting di rumah. Seperti bulan Ramadan dan lebaran bagi umat Islam, hingga perayaan Natal dan Tahun Baru. Sirup juga biasa disajikan sebagai minuman penyegar di acara-acara penting, seperti acara pernikahan, konferensi atau pertemuan besar, acara perpisahan atau kelulusan, hingga acara keluarga di rumah. Tak hanya itu, sirup juga menjadi andalan untuk pemilik rumah untuk menyambut para tamu penting yang berkunjung dan membuat mereka lebih spesial. Untuk menghargai mereka yang berjasa dan mewarnai hidupmu, suguhkan dengan sirup berkualitas terbaik. Kamu bisa memilih deretan sirup terfavorit, seperti Sirup Marjan, Sirup ABC, Sirup Freiss dari Indofood, Sirup Jeniper, Sirup Kawis khas Rembang, Sirup Sarangsari, serta masih banyak lagi sirup lainnya yang menawarkan kenikmatan dan kesegaran tiada tara. Jadi, sudah siap memberikan minuman sirup spesial kepada mereka yang spesial?