Kategori UtamaOlahragaAlat PancingFish Finder
1.525 Produk
Umpan Pancing Ulat Soft Bait Lures Belatung Silikon Mix / Campur
Umpan Pancing Ulat Soft Bait Lures Belatung Silikon Mix / CampurRp 900
Kota Surabaya
(15)
Portable Fish Finder 2.0 inch - Alat untuk mengetahui keberadaan ikan di air
Portable Fish Finder 2.0 inch - Alat untuk mengetahui keberadaan ikan di airRp 500.000
Jakarta
(63)
FISH FINDER - ALAT PELACAK IKAN
FISH FINDER - ALAT PELACAK IKANRp 409.500
Kota Surabaya
(32)
Maguro chinu Premium ring
Maguro chinu Premium ringRp 9.000
Jakarta
(22)

Apakah Itu Fish Finder atau Radar Ikan?

Fish finder atau Radar Ikan merupakan alat dengan kekuatan frekuensi tinggi yang digunakan untuk memancing dan mengumpulkan ikan. Pertama kali diciptakan pada saat perang dunia kedua, fish finder mengandalkan gelombang suara untuk melihat keberadaan benda di bawah air. Cara bekerjanya dengan mentrasmisikan gelombang suara tersebut ke dasar laut dan kemudian menerika gema dari dasar laut tersebut dari kumpulan ikan. Fish finder mengetahui jarak keberadaan ikan dari kapal. Ada dua jenis alat yang digunakan untuk mencari sekumpulan ikan, salah satunya adalah eco sounder atau disebut juga sonar yang dapat menunjukkan kedalaman air dan keberadaan ikan secara langsung. Memang penggunaan sonar terdengar lebih kompleks yang memungkinkan sinyal bisa dikirimkan ke segala arah, dan mencakup ke area yang lebih luas lagi. Dengan fish finder, pelayan atau pemancing dapat memaksimalkan kegiatan mencari ikan baik untuk pemancing profesional mapun pemancing amatir.

Cara Mengoperasikan GPS pada Fish Finder

Pada jaman dahulu nelayan mencari ikan dengan menggunakan intuisi dan mengamati tanda-tanda alam. Dengan fish finder baik pemancing maupun nelayan dapat mencari lokasi ikan dengan bantuan dari GPS. Dilihat dari fungsinya, GPS memberikan informasi lokasi memancing apakah lokasi tersebut hot spot, pelabuhan, pulau, rumpon, ataupun tandes. GPS juga memberikan data kecepatan kapal absolut, kecepatan kapal sampai tujuan, waktu tempuh, estimasi waktu tiba, dan juga jika terjadi penyimpangan arah. Fish finder membantu memancarkan gelombang dan menangkap gelombang kembali atau disebut juga tranduser. Gelombang pantulan yang ditangkap oleh tranduser kemudian diterjemahkan dalam monitor berbentuk titik-titik sehingga menciptakan gambar topografi dasar perairan. Lewat fish finder pemancing dapat membedakan jika keadaan dasar air keras, maka warna monitor berubah menjadi pekat, sebaliknya jika topografi lembek maka gambar monitor berwarna tidak pekat.

Komponen-komponen penting dalam Radar Ikan

Fish finder sendiri memiliki beberapa bagian yang perlu diketahui. Pertama adalah Transmiter, dimana komponen ini berfungsi sebagai pembangkit pulsa listrik pada frekuensi tertentu. Pulsa yang dibangkitkan oleh osilator dikuatkan dalam power amplifier sebelum disalurkan pada tranduser. Komponen selanjutnya pada radar ikan adalah tranduser atau alat yang dapat mengubah energi listrik ke dalam energi suara kemudian suara tersebut dipancarkan ke dalam laut dan sebaliknya. Fungsi lain dari tranduser adalah menghimpun energi suara yang terpancar ke dalam sudut sorotan. Lalu adapula receiver, dalam fish finder, receiver berguna untuk menguatkan sinyal listrik yang masih lema dari tranduser saat gema terjadi, sebelum pada akhirnya akan dialirkan ke dalam recorder. Apakah itu recorder? Recorder pada fish finder memiliki fungsi sebagai alat perekam yang ditranslasikan ke dalam kertas, dan juga menampilkannya di layar display CRT atau cathoda ray tube.

Belanja dan Miliki Fish Finder di Tokopedia

Agar kegiatan memancing menjadi lebih sempurna dan dapat menangkap ikan dengan tepat pula, wajib memiliki fish finder yang dapat membantu menangkap gelombang di bawah laut. Tokopedia memiliki ribuan toko online dengan kualitas terpercaya yang menjual beragam jenis dan merek fish finder. Berbelanja radar ikan disini, dijamin aman karena Tokopedia menjamin keamanan pada setiap transaksi jual beli online. Temukan ragam fish finder dengan harga mulai dari lima puluh ribu rupiah saja! Tak hanya bisa membeli radar ikan, anda juga dapat menjual fish finder ke jutaan loyal customer Tokopedia, dengan jaminan transaksi jual beli fish finder lebih aman dan nyaman. Nikmati fitur pembayaran yang sangat memudahkan mulai dari tunai, mobile banking, kartu kredit, hingga cicilan 0% bagi pembelian radar ikan dengan minimum transaksi. Berbelanja ragam jenis dan merek radar ikan di Tokopedia, tidak pernah senyaman dan seaman ini!