Kategori UtamaOlahragaAlat PancingKail Pancing
15.626 Produk
BLOOD PANCING LIVE BAIT BKS
BLOOD PANCING LIVE BAIT BKSRp 12.500
Jakarta
(89)
Pancing Jaring
Pancing JaringRp 15.000
Kota Bekasi
(135)
Alat Pancing Berbentuk Pulpen 1M / Portable Pen Fishing
Alat Pancing Berbentuk Pulpen 1M / Portable Pen FishingRp 104.900
Jakarta
(226)
Kail Lumut Siap pakai
Kail Lumut Siap pakaiRp 20.000
Kota Surakarta
(67)

Jenis Jenis Kail Pancing yang Perlu Diketahui

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai jenis-jenis kail pancing yang perlu diketahui sebelum membeli kail pancing. Jenis pertama adalah bait hooks yang memiliki barb di badan kail agar umpan tidak gampang lepas dari kail. Lalu ada juga treble hooks yang paling umum digunakan dan memiliki fitur tiga mata pancing yang memperbesar kemungkinan kail pancing menancap dengan sempurna pada ikan. Jika ingin memancing dengan umpan alami, gunakan jenis kail pancing aberdeen hooks. Kemudian ada pula circle hooks yang memiliki bentuk kail pancing aneh dari semua mata pancing. Pada circle hooks saat ikan terdeteksi memakan umpan, pemancing tidak perlu menggentak joran tapi hanya perlu menegakkan kenur, kail pancing otomatis akan menancap dengan baik di bibir ikan. Kombinasi treble hooks dengan bulu-bulu untuk menipu ikan menciptakan feathered trebles, dimana kail pancing ini bisa membuat gerakan memutar dalam air yang diharapkan bisa menarik perhatian ikan untuk mengambil umpan.

Sejarah Singkat Perkembangan Kail Pancing

Kail pancing merupakan kunci dalam menangkapn ikan dan populer digunakan sejak zaman dulu. Pada tahun 7000 SM, manusia menggunakan tulang ataupun kayu keras sebagai bahan untuk membuat kail pancing, dan semakin berkembangnya zaman, materi kail pancing berevolusi lebih baik menggunakan materi logam yang terbukti lebih kuat menggantikan materi kayu dan tulang. Pada era sekarang, terdapat banyak model hook atau kail pancing yang terbuat dari aneka logam keras seperti besi yang dilapisi oleh chrome ataupun baja yang dicampur dengan karbon. Namun memang seberapa keras materi logam kail pancing tersebut, lama kelamaan akan rusak dan tumpul termakan usia. Belum lagi saat kail pancing terbentur dengan benda keras di dalam laut seperti batu, karang, pinggiran perahu, atau bahkan saat beradu logam di kotak penyimpanan kail. Untuk memperpanjang usia kail pancing, ada beberapa tips menjaga kail pancing yang perlu diperhatikan bagi mancing mania.

Cara Mengikat Simpul pada Kail Pancing

Ada beberapa metode simpul kail pancing yang bisa digunakan untuk kegiatan memancing. Berikut adalah beberapa metode yang mudah untuk diimplemen. Pertama, metode simpul berpagut. Metode ini merupakan simpul kail pancing  yang paling populer karena caranya yang mudah dibuat dan diingat, serta memiliki daya tahan yang tinggi saat digunakan. Caranya, masukkan kenur pancing, ikat ujungnya melewati mata kail pancing dan kencangkan ujung simpul dengan melibat sekeliling kenur pancing sampai ke lubang kail pancing sebanyak empat hingga lima kali. Masukkan ujung kenur melewati libatan yang dibuat pada tahap pertama tadi, kencangkan simpul berpagut dengan cara menyelipkan kenur pancing melewati libatan yang telah dibuat dan ditarik dengan kuat. Inilah yang disebut dengan teknik sampul berpagut. Tarik kencang dan berikan sedikit kelembapan pada senar dengan cara basahi dengan mulut untuk memberikan sedikit daya pelumas. Terakhir, potong kelebihan kenur di atas simpul sekitar 0,3 sentimeter saja.

Tokopedia Menyediakan Berbagai Macam Kail Pancing

Tidak akan mungkin kehabisan jika sedang mencari kail pancing di Tokopedia, karena Tokopedia mempunyai ribuan toko online yang siap menjajakkan beragam merek kail pancing unggulan baik eceran maupun grosir dengan harga sangat terjangkau. Tak hanya membeli, menjual kail pancing di Tokopedia juga terasa lebih mudah dengan beragam fitur-fitur yang disediakan. Lebih nyaman dan aman dengan fitur pesan langsung, sehingga baik pembeli maupun penjual dapat saling berkomunikasi agar transaksi kail pancing lancar. Miliki kail pancing berkualitas terbaik sekarang juga dengan berbagai macam pilihan pembayaran seperti tunai, kredit, hingga cicilan untuk pembelian dengan jumlah pembayaran tertentu. Hanya dengan satu jari, berbelanja kail pancing tidak pernah semudah berbelanja di Tokopedia. Sebagai rumah bagi pencari kail pancing unggulan, Tokopedia telah menyortir ribuan seller yang masuk, sehingga pengalaman berbelanja kail pancing lebih aman, nyaman, dan tentunya menyenangkan.