Kategori UtamaOlahragaAlat PancingSenar Pancing
32.485 Produk
BLOOD BIG GAME FLUOROCARBON COATED
BLOOD BIG GAME FLUOROCARBON COATEDRp 120.000
Jakarta
(173)

Temukan Segala Sesuatu Mengenai Senar Pancing Di Sini

Untuk memancing, diperlukan senar pancing yang terbuat dari bahan khusus dan untuk menempatkan kail, pelampung, timah, dan aksesoris lainnya. Senar pancing terbagi menjadi dua bagian yaitu main line dan hook line. Umumnya, senar pancing digunakan sesuai dengan tujuang memancing, apakah kita akan memancing ikan besar ataupun ikan kecil. Kekuatan senar pancing dapat kita lihat dari bahan bakunya apakah berkualitas dan dibuat dari mesin dengan proses quality control yang baik atau tidak. Senar pancing yang stabil dan baik jika senar tersebut dibuat melalui proses quality control yang sangat ketat seperti beberapa hal berikut: kekuatan, diameter, kekuatan ikat senar, perpanjangan senar saat ditarik, daya lentur, dan ketahanan gesek. Ada beberapa jenis senar pancing yang perlu diketahui yaitu: senar monofilament dan senar multifilament. Sebelum membeli senar pancing, jangan sampai tidak memperhatikan detail bahan dan kualitasnya agar tidak mudah putus saat digunakan.

Tips Sebelum Membeli Senar & Tali Pancing

Dalam memancing dan membeli tali pancing tentunya kita harus memperhatikan kondisi sekitar dan jenis ikan yang akan kita tangkap. Ada beberapa jenis senar pancing yang terbagi menjadi beberapa jenis bahan yaitu fluorocarbon, monofilamen, atau polifilamen yang bisa juga disebut senar lilitan dalam beberapa warna. Terdapat mitos bagi para pemancing yaitu bahwa ikan sebenarnya dapat melihat senar pancing dalam air.  Mitos ini diperkuat dengan argumen dari seorang atlet pancing profesional Tyler Brinks, yang sudah menggunakan beragam jenis tali pancing dan menciptakan teori-teori tentang bagaiamana cara menggunakan tali pancing. Selalu mengacu pada tiga jenis senar pancing fluorocarbon, monofilamen, atau polifilamen karena setiap jenis senar pancing tersebut memiliki fungsi dan kebutuhannya masing-masing. Tidak perlu ragu untuk memiliki ketiga jenis senar pancing secara langsung dalam koleksi perlengkapan memancing anda.

Cara Merawat Senar Pancing Agar Selalu Awet

Agar tidak boros karena selalu berganti-ganti tali pancing, perhatikan tips dan trik berikut untuk merawat senar pancing. Bersihkan selalu kenur atau senar pancing terutama saat masih dalam kondisi terpasang seperti saat memancing. Hal yang harus disiapkan adalah: kain bersih yang halus dan sebotol sampo. Pertama-tama buka pengunci reel dan ulurkan senar pancing setelah digunakan, tidak usah diulurkan semua, buatlah kira-kira sepanjang senar pancing saat tadi digunakan memancing. Gulunglah senar pancing dengan satu tangan kita memegang kain yang sudah diolesi sampo sembari memegang senar pancing yang akan digulung. Sambil menggulung senar tali pancing, perhatikan juga apakah ada senar pancing yang cacat atau tidak. Potonglah bagian senar pancing yang cacat karena akan menjadi mudah putus saat strike. Saat sudah selesai menggulung senar, buka spool dan simpanlah di tempat yang aman dan mulailah membersihkan reel.

Cara Memasangkan Senar Tali Pancing ke Reel

Sebenarnya ada beberapa cara memasangkan senar pancing ke fishing reel, dilihat dari jenis reelnya. Namun cara berikut adalah cara yang paling general, yaitu memasangkan senar pancing ke gulungan pancing berputar atau fishing reel spinning. Pertama-tama, perhatikan arah rotasi kumparan reel. Selalu perhatikan gulungan senar dan perhatikan pula arah rotasi senar jika akan dilepas dari gulungan tersebut. Cocokkan arah rotasi kumparan reel dengan arah pelepasan senar pancing dari reel. Contohnya adalah saat kumparan fishing reel berotasi searah jarum jam maka rotasi pelepasan senar pancing harus mengikutinya. Hal ini mengurangi resiko senar kusut. Jika pelepasan senar pancing tidak sesuai dengan rotasi kumparan gulungan pancing, caranya sangat mudah, hanya perlu membalik gulungan senar sehingga rotasi menjadi cocok. Ikat senar baru ke reel, angkat penahan kumparan dan masukkan ujung benang melalui cincin pemandu joran sampai ke reel.