Kategori UtamaOlahragaRenang DivingTopi Renang
2.991 Produk
Topi Renang SPEEDO / Silicone Swim Cap / Penutup Kepala Renang
Topi Renang SPEEDO / Silicone Swim Cap / Penutup Kepala RenangRp 17.000
Jakarta
(93)
Topi renang anak motif ikan- Tutup kepala berenang - swim cap
Topi renang anak motif ikan- Tutup kepala berenang - swim capRp 42.000
Kab. Bogor
(34)

Mengenal Jenis-Jenis Topi Renang Berdasarkan Bahannya

Untuk melindungi rambut dari bahaya kerusakan akibat kaporit saat berenang, wajib menggunakan topi renang alias penutup kepala saat berenang. Tentu saja, penutup kepala ini pun memiliki berbagai macam jenis sesuai dengan bahan-bahan dasarnya. Pertama, ada topi renang dengan bahan Latex atau karet, yang lebih tipis dan sudah beredar di pasaran sejak tahun 1920an. Umumnya topi renang dengan jenis bahan ini memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan topi renang bahan silikon atau Lycra, namun sangat kuat menempel di kepala karena ketipisannya, sehingga topi renang tidak mudah lepas. Lalu kemudian ada pula topi renang berbahan silikon yang lebih fleksibel dan melindungi rambut atau kepala lebih baik dari suhu air kolam yang cenderung dingin. Kemudian terakhir ada topi renang dengan jenis bahan Lycra, dimana topi renang ini terbuat dari material yang sama dengan baju renang, sehingga lebih tebal, lebih lembut, dan nyaman dipakai.

Tips Memilih dan Membeli Topi Renang

Sebelum membeli topi renang ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut ini. Pertama, pilih dan carilah topi renang dengan kualitas bahan yang baik. Umumnya topi renang terbagi menjadi beberapa jenis bahan seperti latex, silikon, dan lycra. Cari topi renang dengan tekstur yang lembut serta nyaman digunakan dan memiliki efek anti selip sehingga rambut akan tetap terjaga dari basah. Jika anda tipikal orang yang cukup memperhatikan style saat berenang, pilih topi renang dengan warna yang senada dengan pakaian renang anda. Jangan ragu untuk selalu mencoba topi renang sebelum membeli agar ukuran topi renang pas saat digunakan. Sangat bahaya jika salah membeli ukuran topi renang, terlebih lagi saat ukurannya terlalu kecil. Karena bisa menyebabkan pusing sehingga kegiatan berenang jadi tidak nyaman. Topi renang dengan kualitas bahan yang baik dapat menjaga rambut kita dari kerontokan akibat kaporit yang terdapat dalam air kolam renang.

Tips Mengikat Rambut Sebelum Menggunakan Topi Renang Bagi Wanita

Bagi para wanita, penting untuk memperhatikan tips berikut sebelum memasang topi renang. Karena rambut yang terikat dengan rapi akan memudahkan kita saat memasangkan topi renang. Langkah pertama ialah, basahi rambut dengan air agar tidak berantakan, lalu sisirlah rambut agar tidak kusut. Setelah rambut disisir, ikat rambut dengan model ekor kuda dengan jenis karet rambut yang elastis dan tidak mudah putus. Kemudian, pegang ujung rambut setelah diikat dan gunakan jempol telunjuk dan jari tengah untuk memutar rambut dengan kencang sampai rambut berbentuk cepol. Putar cepolan rambut searah jarum jam di sekitar dasar kunciran untuk membuat cepolan lebih kuat. Lalu, letakkan ibu jari di bagian dalam topi renang untuk menahannya terbuka lebar, miringkan leher ke bawah dan letakkan bagian depan topi renang di dahi. Tarik topi renang ke bagian ujung kepala dan pastikan bagian belakang topi renang berada di bawah garis rambut.

Tips Menjaga Topi Renang Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar topi renang lebih awet dan tidak mudah rusak. Pertama-tama, khusus bagi wanita, sebaiknya hindari menggunakan jepit saat hendak mencepol rambut. Jepit rambut dapat merusak bahan topi renang karena umumnya topi renang berbahan karet yang halus dan mudah robek. Anda juga dapat merawat topi renang dengan cara, selalu membilas topi renang seusai digunakan dengan air dingin, lalu lap dan bersihkan topi renang dengan handuk bersih dan keringkan sebelum menyimpan. Setelah kering, anda bisa menaburkan sedikit bedak untuk menjaga bahan karet pada topi renang. Sebaiknya, selalu simpan topi renang pada tempat yang aman dan jauh dari paparan sinar matahari, sebab topi renang akan mudah rusak saat terkena sinar matahari secara langsung. Jangan pernah membiarkan topi renang basah saat dicuci, karena selain akan membuat topi renang berbau tak sedap, topi renang anda juga akan terkena bahaya tumbuhnya jamur karena lembab.