Kategori UtamaOlahragaSepedaFrame Sepeda
4.534 Produk
Tas Punggung Sepeda Hydropack
Tas Punggung Sepeda HydropackRp 85.000
Kota Bandung
(13)
Tas Sepeda Hydropack
Tas Sepeda HydropackRp 90.000
Kota Bandung
(3)
Tas Sepeda 100
Tas Sepeda 100Rp 90.000
Kota Bandung
(2)
Frame balap / road bike Mosso 798
Frame balap / road bike Mosso 798Rp 1.700.000
Kota Bekasi
(2)
frame bmx street
frame bmx streetRp 340.000
Kab. Kediri
(4)
Frame BMX hitam oversize
Frame BMX hitam oversizeRp 430.000
Kota Bekasi
(1)
RD SHIMANO ALTUS M370 9 SPEED
RD SHIMANO ALTUS M370 9 SPEEDRp 170.000
Kota Semarang
(6)
Stiker Rim decal Enve M50
Stiker Rim decal Enve M50Rp 90.000
Kab. Karawang
(13)
FRAME FOLKER FULLSUS WHT/RED
FRAME FOLKER FULLSUS WHT/REDRp 4.500.000
Kota Bandung
(2)

Mengenal Apa itu Frame Sepeda

Jangan sampai tidak mengenali frame sepeda jika anda ingin membeli sepeda dalam waktu dekat. Frame sepeda merupakan bodi dasar sepeda yang umumnya terbuat dari beberapa pilihan material. Ada tiga material frame sepeda yang populer ditawarkan oleh penjual yaitu: frame sepeda steel, frame sepeda aluminium, dan frame sepeda CrMo. Frame sepeda steel memiliki bobot lebih berat daripada material berbahan besi, namun menaiki sepeda dengan frame sepeda steel tidak sekeras dengan sepeda bermaterial aluminium. Sayangnya frame sepeda berbahan steel memiliki kelemahan lebih mudah berkarat sehingga penggunaannya tidak dapat bertahan lama. Lain halnya dengan frame sepeda CrMo, dimana frame sepeda ini merupakan penyempurnaan dari bahan steel dengan campuran kromolibdenum, yang memiliki ketahanan hapir sama dengan baja namun berbobot lebih ringan. Terakhir adalah frame sepeda aluminium yang memiliki bobot paling ringan namun tetap kuat digunakan oleh pesepeda berbadan cukup besar.

Tips dan Trik Memilih Bahan Frame Sepeda yang Bagus

Saat memilih untuk membeli frame sepeda, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Selain ukuran, bahan atau material frame sepeda juga perlu untuk diperhatikan. Berikut adalah tips dan trik saat memilih bahan frame sepeda yang bagus untuk digunakan. Material frame sepeda yang baik dapat menjadikan kegiatan bersepeda lebih nyaman. Tentunya setiap jenis sepeda memiliki material frame sepeda yang berbeda pula, disesuaikan dengan fungsi masing-masing sepeda tersebut. Pilihlah frame sepeda yang memiliki kekuatan maksimal dengan bobot berat minimal. Jika dilihat dari materialnya, frame sepeda dengan material titanium merupakan jenis frame yang paling mewah. Selain karena harganya yang mahal, bahan frame sepeda titanium unggul karena memiliki bobot setengah dari frame baja namun berkekuatan maksimal. Tak hanya itu, frame sepeda titanium terbukti lebih tahan lama dan tidak mudah berkarat seperti frame besi.

Cara Memilih Frame Sepeda Bagi Pemula

Bagi pemula memang seringkali sulit untuk menentukan frame sepeda mana yang paling tepat untuk digunakan. Tentu saja, kenyamanan saat berkendara dan efisiensi dilihat dari ukuran frame sepeda bukan pada harga ataupun teknologi sepeda tersebut. Penting untuk mengukur tinggi badan dan panjang kaki sepeda demi mendapatkan ukuran frame sepeda yang sesuai dengan postur tubuh. Mulailah menghitung panjang kaki dimulai dari pangkal paha hingga ujung telapak kaki. Jika kita berdiri tanpa menggunakan alas, saat menjepit frame sepeda, sisakan ruang sekian sentimeter antara bagian atas frame sepeda dengan pangkal paha. Perhatikan pula jarak diantara sadel dan stang, sehingga terdapat ruang gerak untuk mengayuh. Jangan sampai pergerakan kaki terbatasi saat mengayuh tertekuk atau bahkan merenggang terlalu lama, karena hal inilah yang akan menjadikan fatal cedera otot kaki. Sebagai bagian utama dari sepeda, ukuran frame sepeda merupakan hal esensial yang sangat penting untuk diperhatikan.

Fungsi dan Bagian-Bagian Penting dari Frame Sepeda

Rangka atau frame sepeda yang kita tahu memiliki bentuk segitiga pada sisi-sisinya. Frame sepeda umumnya terbuat dari material-material berikut: chromoly, hi-ten, carbon fiber, alloy, dan hingga titanium. Setiap bagian dari frame sepeda tersebut memiliki nama-nya masing-masing diantaranya adalah: top tube yaitu bagian dari frame sepeda yang mendatar horizontal terletak di paling atas, sementara di bawahnya ada down tube adalah bagian frame sepeda yang terletak di bagian bawah top tube. Lalu ada pula seat tube yang biasa kita ketahui berada di bawah sadel sepeda. Head tube merupakan bagian frame sepeda yang letaknya di bawah stang sepeda. Chain stay yang berada di sisi rantai sepeda, lalu terakhir adalah seat stay yaitu bagian frame sepeda yang letaknya di atas chain stay. Setiap bagian dari frame sepeda inilah yang membentuk bodi sepeda itu sendiri. Pemilihan material frame sepeda yang tepat akan membawa kepada kenyamanan tersendiri saat bersepeda.