Kategori UtamaOtomotifInterior Mobil

Tuas Persneling Mobil

Filter
Gear Knop Transmisi Ford Fiesta 1.400 cc Trend Matik 2010 - 2014
Ad
Gear Knop Transmisi Ford Fiesta 1.400 cc Trend Matik 2010 - 2014
Rp325.000
Rizky Motor Shop
starstarstarstarstar (11)

Pencarian Terkait

Daftar Harga Tuas Persneling Mobil Terbaru Oktober 2020

Harga SARUNG COVER REM TANGAN DAN GIGI PERSNELING INTERIOR MOBILRp22.000
Harga Gear / Shift Knob Motif KayuRp48.500
Harga knob ac grand max knob ac grandmax daihatsu grand maxRp33.000
Harga list chrome shift knob handle perseneling rush terios avanza XeniaRp100.000
Harga Gear Shift Knob / Knop Peseneling Mobil Manual MOMORp22.500
Harga Gear Shift Knob / Knop Perseneling Mobil Manual Motif Kayu Wood MOMORp35.000
Harga E35 HOLDER HP STIR MOBIL SETIR MOBIL car steering wheel phone holderRp5.000
Harga Star knop - high material screw star knob M6 * 32 (baut 10)Rp8.950
Harga knob ac jazz 2004 gd3 knob ac honda city 2004 oldRp40.000
Harga Cover Rem Tangan Hand Brake Sarung Handle Rem Mobil Hitam Carbon KayuRp23.000
Data diperbaharui pada 31/10/2020

Fungsi Tuas Persneling Mobil Dalam Berkendara

Sebagai pengguna mobil, kamu pasti mengetahui apa itu tuas persneling mobil, bukan? Setiap tipe mobil yang diproduksi dari pabrik biasanya terdiri dari dua jenis, yaitu mobil manual dan mobil matic. Kedua jenis mobil ini sama-sama memiliki tuas persneling mobil. Tuas persneling mobil memiliki fungsi untuk mengatur gigi pada mobil saat sedang digunakan. Tuas persneling mobil berada pada bagian tengah depan, dekat dengan jok mobil pengendara. Hal ini dikarenakan agar pengendara dapat dengan mudah memindahkan gigi sesuai dengan kebutuhan saat berkendara. Alat ini juga biasa disebut dengan shift knob karena merupakan alat yang berupa tuas. Tuas persneling mobil berfungsi untuk memindahkan perbandingan gigi pada sistem transmisi kendaraan. Sebenarnya, letak tuas persneling ini bervariasi, sesuai dengan jenis mobil masing-masing. Beberapa mobil memiliki tuas persneling yang berada pada lantai mobil, dashboard mobil, di bawah stang kemudi mobil, atau di tengah dekat bagian depan pengemudi mobil. 

Berkendara Aman Dengan Tuas Persneling Mobil Berkualitas

Komponen tuas persneling mobil tentunya memiliki fungsi yang sangat penting dan tidak bisa dipungkiri lagi. Salah satu alat yang harus dikuasai oleh setiap pengendara adalah cara mengoperasikan tuas persneling mobil dengan baik dan benar. Setiap tuas mobil manual dan matic memiliki cara pengoperasian yang tidak sama, karena sistem transmisi ini adalah hal yang membedakan kedua jenis mobil tersebut. Jenis transmisi manual pada mobil tipe manual memiliki jumlah gigi yang berbeda. Transmisi manual adalah tipe transmisi pada kendaraan bermotor yang diatur oleh tuas persneling mobil untuk mengatur pemindahan gigi yang dioperasikan dengan tangan. Gigi pada tuas persneling mobil manual biasanya terdiri atas 3 sampai 6 gigi percepatan maju dan 1 gigi mundur yang ditandai dengan tulisan R, dan gigi netral. Sementara itu, tuas persneling mobil matic memiliki jumlah gigi yang juga berbeda fungsinya. Gunakan sarung tuas persneling mobil agar kamu tidak merasa licin saat mengoperasikannya. 

Kenali Tuas Persneling Mobil Lebih Lanjut

Orang-orang yang mau belajar mengendarai mobil juga pertama-tama harus mengenal lebih jauh tentang tuas persneling mobil masing-masing sesuai dengan tipe dan jenis mobil yang dikendarai. Hal ini sangat penting untuk dipelajari karena jenis mobil manual dan jenis mobil matic memiliki tuas transmisi dan susunan gigi yang berbeda pula. Pada tuas persneling mobil manual terdapat gigi yang terdiri dari gigi 1, gigi 2, gigi, 3, gigi 4, gigi 5, gigi netral, dan gigi mundur. Gigi netral biasanya terletak pada bagian tengah, sebagai gigi yang dipilih ketika sedang memarkirkan kendaraan. Sedangkan, tuas persneling mobil matic berbeda dengan manual. Tingkatan percepatan pada tuas persneling mobil matic ditandai dengan barisan kombinasi huruf dan angka, yaitu P-R-N-D-2-L. Tuas persneling mobil matic memang dianggap banyak orang lebih mudah untuk dioperasikan. Gunakan cover shift knob matic dan cover shift knob manual sesuai tipe tuas persneling mobil karena bentuk dan tandanya pun berbeda. 

Lindungi Tuas Persneling Mobil Mu

Sebagai salah satu komponen penting, tuas persneling mobil menjadi alat yang harus dikuasai oleh pengendara mobil. Walaupun begitu, tuas persneling mobil sering terkena matahari, sehingga menjadi licin. Jika tuas persneling mobil menjadi licin ketika sedang digunakan, kamu akan membahayakan diri karena pengemudi akan sulit dalam mengoperasikannya sehingga perpindahan kecepatan akan tersendat. Jangan sampai hal ini terjadi, ya! Gunakan sarung tuas persneling mobil agar komponen mobil ini bisa tetap terlindungi dari panasnya matahari dan hal-hal lainnya yang menyebabkan terjadinya bahaya. Untuk kamu yang menyukai barang unik, ada juga, lho, sarung karakter tuas persneling mobil yang berbeda dari umumnya. Kamu juga bisa membeli kantong tas tuas transmisi dan USB charger port untuk melengkapi interior mobilmu. Selain tuas persneling mobil, kamu juga bisa mengganti stir mobilmu menjadi stir racing mobil atau melapisinya dengan cover stir mobil kulit. Tunggu apalagi? Ayo cek Tokopedia!