Kategori UtamaOtomotifSpare Part Motor

Aki Motor

Filter
GTH AKI MOTOR MOTOBATT MTZ5S AKI KERING
Ad
GTH AKI MOTOR MOTOBATT MTZ5S AKI KERING
Rp152.500
GTH BatteryGTH Battery
starstarstarstarstar (248)

Pencarian Terkait

Daftar Harga Aki Motor Terbaru November 2020

Harga Aki motor Honda beat, kharisma, vario 110 GTZ5S Motorcell Aki KeringRp95.000
Harga Aki Motor Honda Beat, Supra X 125, Karisma, Vario 110 GTZ5S OTOBATRp95.000
Harga SALE !! Aki motor Honda Beat GTZ5S GS Aki KeringRp125.000
Harga Aki Motor Suzuki Satria FU 150 GTZ7S GS Y Accu Kering MFRp207.000
Harga Aki ASPIRA GM5Z3B MF(5 Ah)-Aki Motor Supra,Mio,Jupiter Z,Tornado,VegaRp140.000
Harga Aki Motor Honda Beat F1 CW (GTZ5S GS E) Aki Kering MFRp120.000
Harga AKI GEL MOTOBATT MOTTOBAT MOTOBAT MTZ5S Mio J Vixion Soul GT Byson dllRp152.000
Harga Aki motor Honda CBR150R, Vario 125, Vario 150 GTZ7S MF 12v 7ah Aki GelRp165.000
Harga Aki Motor Honda Beat GTZ5S GS Y Accu Kering MFRp125.000
Harga AKI GEL MOTOBATT MOTTOBAT MOTOBAT MTZ5S Vario 110 Kharisma Beat fi dllRp152.000
Data diperbaharui pada 26/11/2020

Kenali Tentang Aki Motor Lebih Lanjut

Aki motor, atau yang biasa disebut juga sebagai accu motor, merupakan sebuah komponen pada bagian dalam motor. Bagian aki motor ini adalah alat yang menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia. Di dalam aki motor, terdapat sel-sel aki yang berbahan dasar bahan kimia berupa elektrode atau timbal, timbal peroksida, dan cairan elektrolit H2SO4. Proses pengaliran energi dari aki motor adalah bahan kimia-kimia yang terkandung di dalamnya akan mengalami perubahan seiring terjadinya perubahan energi listrik pada sel aki. Aki motor biasanya berguna ketika sedang melakukan charge (mengisi) dan discharge (pengosongan listrik). Setiap satu sel pada aki motor memiliki tegangan sebesar 2 volt. Pada dasarnya aki motor atau baterai pada motor berfungsi untuk menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia. Energi tersebut akan mensuplai atau menyediakan listrik ke sistem starter, sistem pengapian, lampu-lampu, dan komponen kelistrikan lainnya. Oleh karena itu, aki motor berperan sangat penting. 

Berbagai Fungsi Dari Aki Motor yang Perlu Kamu Ketahui

Akumulator pada motor, yang biasa disebut sebagai aki motor, memiliki peran yang sangat penting sebagai bagian dari komponen motor. Aki motor menjadi satu-satunya alat yang menyediakan listrik dalam jumlah besar pada saat mesin motor mati atau belum bekerja. Daya ketersediaan arus listrik yang besar digunakan untuk menggerakkan dan memutar starter motor. Motor starter adalah komponen dari motor yang digunakan pertama kali untuk memutar mesin agar mesin bisa menyala. Pada saat mesin motor mati, motor membutuhkan suplai listrik yang besar untuk memutar mesin motor. Nah, aki motor adalah komponen yang digunakan untuk menyuplai memutar mesin agar bisa hidup. Pastikan kamu menggunakan aki motor berkualitas, seperti aki motor ns dan aki motor yuasa. Selain digunakan untuk memutar mesin starter, aki motor juga digunakan juga menyediakan listrik ke berbagai sistem kelistrikan motor lainnya, seperti electronic fuel injection (EFI), sensor-sensor, dan lainnya. Tunggu apalagi? Ayo cek Tokopedia!

Pentingnya Aki Motor dalam Penggunaan Kendaraan Motor

Selain untuk menyalakan starter motor, aki motor juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan energi listrik. Di saat mesin mulai bekerja, sistem pengisian di motor juga ikut aktif dan bekerja pula. Ketika mesin mati, aki motor menjadi penyedia energi listrik yang utama. Sedangkan ketika mesin hidup, maka sistem pengisian atau alternator akan menggantikan peran aki motor dalam penyediaan energi listrik. Hal ini juga digunakan untuk melakukan pengisian pada aki motor. Energi listrik yang dihasilkan oleh sistem pengisian energi akan disimpan di dalam aki motor dengan cara pengubahan energi listrik yang masuk menjadi energi kimia. Berbagai merk aki motor, seperti aki motor powervolt dan aki motor motobatt secara umum memiliki fungsi dan cara kerja yang tidak jauh berbeda. Selain itu, aki motor juga berfungsi sebagai stabilisator tegangan. Aki motor sangat berperan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komponen motor akibat kelebihan tegangan. Dapatkan juga mainan motor aki anak di Tokopedia.

Berbagai Jenis Aki Motor dan Cara Menanggulangi Kerusakannya

Sebagai pengendara motor, kamu harus mengenali berbagai tipe dan jenis aki motor. Jangan sampai kamu mengabaikan tentang aki motor, ya! Peran dari aki motor tentunya sangat penting karena berhubungan dengan kelistrikan pada motor. Jika aki motor mu rusak atau mati, kamu tidak akan bisa menyalakan motor dalam keadaan mati. Terdapat beberapa jenis aki motor yang harus kamu ketahui. Salah satunya adalah aki kering yang cukup populer di kalangan orang awam yang tidak terlalu mengerti soal mesin. Aki kering motor memiliki kandungan elektrolit, tetapi tergolong sangat aman karena memiliki segel kuat. Jenis aki motor ini mampu menahan proses penguapan dari larutan elektrolit. Penggunaan aki motor kering sangatlah mudah karena aki motor ini bebas perawatan dan tidak perlu dicek serutin aki motor lainnya. Walaupun begitu, aki motor bisa saja mengalami kerusakan. Kamu bisa menggunakan kabel jumper aki dan charger aki untuk mengisi tegangan. Dapatkan juga penghemat bbm berkualitas di Tokopedia.