Obat Kumur
Kategori UtamaPerawatan TubuhKesehatan Gigi MulutObat Kumur
3.843 Produk
Betadine Obat Kumur 190 ml
Betadine Obat Kumur 190 mlRp 18.500
Kota Tangerang Selatan
(78)
Listerine COOL MINT 500ML
Listerine COOL MINT 500MLRp 21.000
Jakarta
(65)

Obat Kumur Untuk Sariawan & Sakit Gigi

Manfaat obat kumur tidak hanya sebagai penghilang bau mulut. Obat kumur antiseptik pun bisa digunakan untuk menghilangkan sariawan ataupun sakit gigi. Mengapa demikian? Tidak semua obat kumur dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Namun obat kumur antiseptik mempunyai kandungan yang dapat membunuh bakteri penyebab sariawan. Zat anitiobiotik dan zat antihistamin dapat mengurangi rasa sakit sekaligus memberantas kuman sariawan. Selain itu, zat kortikosteroid yang terkandung di dalam mouthwash pun bisa mengurangi peradangan ketika sariawan sedang muncul. Untuk masalah sakit gigi, ataupun gusi bengkak, obat kumur antiseptik seperti Betadine ataupun obat kumur Minosep yang mengandung Iodine dapat menyembuhkan gusi bengkak

Manfaat Menggunakan Mouthwash Sehari-Hari

Obat kumur atau mouthwash telah lama menjadi teman andalan untuk mencegah bau mulut yang mengganggu rasa percaya diri. Tetapi ternyata selain itu, mouthwash turut berperan menjaga kesehatan mulut. Obat kumur umumnya adalah cairan antiseptik yang digunakan untuk membersihkan sela-sela gigi, permukaan lidah dan gusi, serta mulut bagian belakang atau kerongkongan. Penggunaan sebagian obat kumur bertujuan untuk mengurangi bau mulut. Sebagian obat kumur lainnya ditujukan untuk fungsi layaknya air liur, yaitu menjaga mulut tetap lembap dan menetralkan zat asam. Sejumlah jenis obat kumur dapat digunakan secara bebas, tetapi ada juga yang dirancang khusus untuk menangani gangguan kesehatan tertentu. Obat kumur yang digunakan melalui resep dokter dapat mengandung bahan-bahan antijamur untuk mencegah perkembangan jamur, antibiotik untuk membantu membunuh bakteri, anestesi lokal atau antihistamin, antasid, serta kortikosteroid untuk menangani inflamasi.

Cara Menggunakan Obat Kumur yang Benar

Untuk memaksimalkan fungsi obat kumur, ada beberapa cara kumur yang benar yang dapat dilakukan. Beberapa cara menggunakan obat kumur yang benar adalah dengan memilih obat kumur yang cocok. Perhatikan kandungan-kandungan obat kumur sebelum beli obat kumur. Untuk setiap kali kumur, cukup tuangkan sekitar 20ml obat kumur untuk dikumur. Kemudian, berkumurlah selama 1 menit hingga 1 menit 30 detik. Jangan lupa untuk menggerakan arah kumur sehingga mengenai seluruh bagian mulut. Perlu diingat bahwa obat kumur paling efektif jika digunakan sebelum menggosok gigi. Jangan pernah menelan obat kumur karena obat kumur mengandung senyawa-senyawa yang bisa menyebabkan racun jika ditelan. Jangan menggunakan obat kumur secara berlebihan dan maksimalkan penggunaan obat kumur sekitar 3-4 kali sehari. 

Apakah Obat Kumur Membatalkan Puasa?

Bagi yang sedang berpuasa atau menunaikan ibadah puasa, banyak pertanyaan apakah obat kumur bisa membatalkan puasa? Apalagi jika obat kumur memiliki kandungan antiseptik atau alkohol? Fakta tentang obat kumur seputar puasa dapat ditemukan di berbagai situs. Obat kumur sendiri tidak akan membatalkan puasa seseorang apabila mouthwash tidak ditelan. Aktivitas berkumur juga dilihat sama seperti aktivias menggosok gigi. Namun, tetap dianjurkan bagi yang berpuasa untuk menggunakan obat kumur ketika sangat butuh saja. Obat kumur dapat dibeli dengan harga murah di Tokopedia. Tidak hanya memiliki harga yang lebih murah, obat kumur alias mouthwash di Tokopedia sudah melewati pemeriksaan BPOM. Dengan kata lain, Tokopedia jual harga obat kumur yang lebih murah serta kualitas obat kumur yang dianjurkan para dokter.