Pupuk
Kategori UtamaRumah TanggaTamanPupuk
66.327 Produk
Nature Stek Formula Dahsyat Pertumbuhan Akar Stek batang
Nature Stek Formula Dahsyat Pertumbuhan Akar Stek batangRp 60.000
Depok
(294)
Nature Stek - Penumbuh Akar Stek Batang
Nature Stek - Penumbuh Akar Stek BatangRp 110.000
Kab. Magelang
(441)
Pupuk NPK Mutiara 16-16-16 1Kg
Pupuk NPK Mutiara 16-16-16 1KgRp 13.250
Tangerang Selatan
(326)
media tanam pak tani
media tanam pak taniRp 15.000
Tangerang Selatan
(676)
EM4 Pertanian 1Ltr
EM4 Pertanian 1LtrRp 20.900
Tangerang Selatan
(230)
Pupuk NPK mutiara 16-16-16
Pupuk NPK mutiara 16-16-16Rp 13.500
Tangerang
(139)

Apa Itu Pupuk Urea?

Pupuk urea adalah jenis pupuk yang memiliki kandungan kimia sebagai komposisi terbesarnya. Di pupuk urea, unsur Nitrogen (N) adalah unsur kimia yang mendominasi. Pupuk urea juga mempunyai bentuk yang khas berupa bola-bola putih kecil seperti kristal yang mudah larut di dalam air. Walaupun memiliki banyak unsur kimia, pupuk urea sangat bagus untuk perkembangan tanaman. Beberapa manfaat dan fungsi pupuk urea yang tidak dapat digantikan adalah membuat daun tanaman menjadi lebih hijau, menambah protein tanaman, mempercepat pertumbuhan tanaman. Alasan mengapa pupuk urea dapat membantu pertumbuhan tanaman serta menghijaukan tanaman adalah karena pupuk urea mengandung klorofil tinggi yang berguna untuk proses fotosintesis. Kandungan nitrogennya pun membuat tanaman menjadi kaya nutrisi dan tidak kering. 

Jenis-jenis Pupuk Kimia Kaya Zat Hara

Jenis-jenis pupuk kimia yang sering digunakan oleh para petani adalah: 

  • Pupuk urea (Amonium Carbamide) yang terbuat dari campuran gas amoniak (NH3) dan asam arang
  • Pupuk ZA (Zwavelzure Ammoniak) dengan kandungan utama belerang dan mempunyai rasa asin. Pupuk ZA ini terbukti berhasil meningkatkan kualitas hasil panen
  • Pupuk KCL (Kalium Klorida) yang mengandung 60% kalium dan berguna untuk memperkuat batang tanaman
  • Pupuk NPK (Nitrogen Phospor Kalium) yang mencampurkan nitrogen, fosfor & kalium. Pupuk NPK berfungsi untuk mendukung pertumbuhan akar tanaman dan tunas tanaman

Cara Menggunakan Pupuk Urea

Karena banyak menggunakan unsur kimia, pupuk urea pun memerlukan cara pemakaian yang tepat. Untuk menjaga kesuburan tanaman, penggunaan pupuk urea haruslah sebagai berikut.

  • Gunakan pupuk urea sebanyak dosis yang dianjurkan. Dosis pupuk urea bergantung dengan jenis tanamannya
  • Kombinasikan pupuk urea dengan unsur lain seperti ponska
  • Pemupukan terakhir tetap menggunakan pupuk urea namun dengan dosis yang berbeda

Perlu diingat juga bahwa jumlah dosis pupuk urea yang digunakan tetap bergantung pada luas tanah dan jenis tanaman. 

Beli Pupuk di Tokopedia, Harga Terbaik

Aneka jenis dan merk pupuk berkualitas dapat kamu temukan di Tokopedia dengan penawaran terbaik. Selain penawaran harga terbaik, macam-macam pupuk berkualitas juga dapat kamu beli dengan harga grosir. Penawaran menarik bukan itu saja, kamu dapat membayar dengan cicilan 0% hingga 12 bulan. Tunggu apa lagi? Yuk, segera dapatkan aneka jenis pupuk di Tokopedia. Pupuk yang tersedia antara lain pupuk organik, pupuk kandang, pupuk kimia atau pupuk urea. Di sini juga tersedia pupuk anorganik hasil industri dan pabrik-pabrik pupuk. Tentukan jenis pupuk yang sesuai dengan tanamanmu dan beli di Tokopedia. Dapatkan harga terbaik dan promo-promo lain yang tidak kalah menarik. Kamu tidak perlu lagi direpotkan dengan belanja yang ribet karena transaksi di Tokopedia sangat praktis dan banyak metode pembayarannya sehingga akan memudahkan pengalaman belanja online-mu. Segera beli macam-macam pupuk, baik pupuk organik maupun anorganik, di Tokopedia. Harga terbaik!