Ny. Lie Tjian Tjoen: Mendahului Sang Waktu

Rp 50.000

Produk Dari pdp-os-icon Power Merchant

Stok tersedia
Dilihat
157
Transaksi Berhasil
100%(1 Produk)
Wishlist
2

Informasi Produk

Ny. Lie Tjian Tjoen: Mendahului Sang Waktu

  • Berat
    450 gram
  • Kondisi
    NEW
  • Pemesanan Min.
    1 Buah
  • Kategori
    1. Home
    2. Buku
    3. Sosial Politik
    4. Buku Biografi
  • Etalase

Deskripsi Produk

Ny. Lie Tjian Tjoen: Mendahului Sang Waktu

Jauh sebelum persoalan perdagangan perempuan menjadi perhatian di Nusantara, Ny. Lie Tjian Tjoen telah menyelamatkan kaumnya. Banyak perempuan dari Tiongkok didatangkan ke Batavia, nama Jakarta saat itu.
Perempuan yang berparas ayu dijual ke rumah-rumah pelacuran atau jadi isteri simpanan. Sementara yang kurang menarik menjadi pembantu. Hati perempuan bernama asli Auw Tjoei Lan gelisah melihat kaumnya tertindas.
Dengan menggunakan pengaruh suaminya, Lie Tjian Tjoen yang saat itu menjadi kapten di Batavia, menyelamatkan perempuan-perempuan malang itu. Berbagai ancama dia hadapi dengan berani. Setelah diselamatkan, Ny. Lie memberikan ketrampilan kepada mereka agar siap berumah tangga kelak.
Selain perempuan-perempuan itu, Ny. Lie juga menyelamatkan anak-anak bayi yang dibuang. Anak-anak tak berdosa itu ada yang dia temui di teras rumah, di bawah pohon cemara, atau diberikan kepadanya.
Mereka semua ditampung di Panti Asuhan Hati Suci yang dia dirikan pada 27 Oktober 1914. Perempuan kelahiran Majalengka 24 Februari 1889 ini marah kalau anak-anak kandungnya atau cucu-cucunya menyebut anak-anak panti asuhan dengan ‘anak-anak Hati Suci’. Dia memperlakukan mereka layaknya anaknya sendiri. “Kamu tidak boleh bilang begitu. Mereka juga anak Oma. Jadi bilang saja, anak-anak Oma datang.”
Pendudukan Jepang membawa dampak juga kepada Panti Asuhan Hati Suci. Mereka kekurangan makanan. Ny. Lie nekad datang ke markas Jepang untuk minta bantuan makanan padahal suaminya masih berada dalam tahanan Jepang.
Berkat kepeduliannya, Ny. Lie mendapat berbagai penghargaan. Berbagai media saat itu pun mengangkat Panti Asuhan dan Ny. Lie. Bagi Ibu lima anak ini, segala bentuk penghargaan itu bukanlah tujuan dari pelayanan yang dia berikan. Dia melakukan itu semua untuk menolong orang-orang yang tertindas atau miskin.
Lainnya di toko ini
Logo A. Bobby Pr's books
shop_badgeA. Bobby Pr's books
locationKota Administrasi Jakarta Barat · 25 Feb 2020
badge
Dari pencarianmu
Terakhir Diperbaharui: 13-03-2019, 10:48 WIB