Rp27.000

40%Rp45.000

Pengantar Metodologi Ilmu Sosial Kritis Jurgen Habermas

Terjual63
Wishlist104

Dijual oleh UGM Press Online

Pasti Ori·Pasti Ready·Garansi 7 Hari

Informasi produk

Pengantar Metodologi Ilmu Sosial Kritis Jurgen Habermas

  • Berat
    200 Gram
  • Kondisi
    Baru
  • Pemesanan Min
    1 Buah
  • Kategori
    1. Home
    2. Buku
    3. Sosial Politik
    4. Buku Politik
  • Etalase

Deskripsi produk

Pengantar Metodologi Ilmu Sosial Kritis Jurgen Habermas

Buku yang mengulas teori kritik sosial masyarakat secara keseluruhan cukup banyak. Meski demikian, tidak sedikit mahasiswa yang merasa kesulitan dalam menangkap gagasan dan pesan teori kritik, khususnya pikiran-pikiran Habermas, lebih spesifik lagi menyangkut gagasan “metodologi teori kritiknya”.

Komentar atas gagasan pemikiran Jurgen Habermas cukup banyak, dari spektrum ide yang positif hingga spektrum pemikiran yang negatif. Spektrum positif menganggap gagasannya bermanfaat untuk transformasi masyarakat, tetapi dari spektrum pemikiran yang negatif tidak sedikit yang menganggap idenya lebih banyak mendorong ke arah “utopia”, bahkan penuh nuansa represif dan kolonialistis, terutama dibandingkan dengan pikiran-pikiran kritis lainnya. Di samping itu, ada juga yang terinspirasi dari teori kritik generasi pertama, yang mengatakan teori kritik tidak lain ialah teori yang mengajarkan bagaimana melakukan kritik sistem, kritik ideologi, kekuasaan, meskipun kritik semacam ini bisa saja dipakai sebagai “senjata halus” untuk masuk menjadi bagian dari sistem apa pun yang kita kritik.

Pendek kata, dalam kaitannya dengan dunia ilmu pengetahuan, berbagai tesis pemikiran boleh ditampilkan sebagai objek “discourse” yang terbuka sehingga siapa pun sebagai anggota “komunitas gagasan” sewajarnya tak apriori dalam menelaah seberapa jauh tesis-tesis yang berseliweran di seputar teori kritik itu bisa dipertanggungjawabkan. Buku ini, tak terkecuali, pada akhirnya ialah kumpulan ide yang terbuka sehingga pembaca dapat meresponsnya dengan berbagai macam mode pemikiran. Selain itu, buku ini dimaksudkan untuk membantu khalayak luas untuk memperkaya cakrawala pemikiran ilmu sosialnya.

Penulis: Muhamad Supraja
Cetakan Kedua, November 2018
Tebal 118 halaman
Ukuran 15,5 cm x 23 cm
Penerbit: Gadjah Mada University Press

Lainnya di toko ini

Lihat Semua
Logo UGM Press Online
shop_badgeUGM Press Online
locationKab. Sleman · 7 menit yang lalu
badge

Ulasan pembeliLihat Semua

Pengantar Metodologi Ilmu Sosial Kritis Jurgen Habermas

5/5
·15 ulasan

Punya pertanyaan?

Tanya aja langsung tentang barang ini di Diskusi.